Pemprov Sumbar Hadirkan 3 Event Unggulan Untuk Gaet Wisatawan Mancanegara dan Nusantara‎

Pemprov Sumbar menyiapkan 3 event wisata unggulan yakni Pasa Harau Art And Cultural Festival, Tour de Singkarak, dan Festival Budaya Minangkabau.

Pemprov Sumbar Hadirkan 3 Event Unggulan Untuk Gaet Wisatawan Mancanegara dan Nusantara‎
Warta Kota/Ign Agung Nugroho
Pemprov Sumbar menggelar tiga event andalan untuk menggaet wisatawan ke Ranah Minang. 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat menyiapkan 3 event unggulan yakni; Pasa Harau Art And Cultural Festival, Tour de Singkarak (TdS), dan Festival Budaya Minangkabau.

Event itu digelar untuk meningkatkan kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) ke ranah Minang, 

Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), H. Irwan Prayitno ‎mengatakan, ketiga event ini masuk dalam 100 Wonder Event, dan akan menjadi magnet dalam mendatangkan wisatawan ke Sumbar.

"Tahun ini menargetkan 58.447 wisatawan mancanegara dan 8,4 juta pegerakan wisatawan nusantara," kata Irwan ‎saat peluncuran Calender of Event (CoE) Sumbar 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2019) .

Hadir dalam kesempatan itu, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I, Rizky Handayani, Tenaga Ahli Menteri Bidang Manajemen Calendar Of Event (CoE) Esthy Reko Astuty,serta jajaran Walikota, Bupati se-Sumber.

Pelaksanaan tiga event unggulan Sumbar tersebut, untuk Pasa Harau Art And Cultural Festival, akan berlangsung di Kabupaten Lima Puluh Kota pada 16-18 Agustus 2019.

Dalam penyelenggaraan festival budaya ini, akan ditampilkan antara lain; Harau Performing Art, Harau Adventure Run (Harau Berjejaring), Pacu Jawi, serta Jelajah Harau/Mengejar Embun Lembah Harau.

Sedangkan penyelenggaraan event Tour de Singkarak (TdS) akan berlangsung pada 2-10 November 2019.

Event sport tourism tersebut, sebagai lomba balap sepeda internasional yang memasuki tahun ke-11 kali ini, akan melintasi 16 kabupaten/kota Sumbar dan 2 kabupaten di Jambi terbagi dalam 9 etape dengan total hadiah sebesar Rp 2,3 miliar.

Event TdS 2019 juga akan menampilkan atraski budaya, kuliner, dan sport .

Sementara itu, penyelenggaraan event Festival Pesona Budaya Minangkabau akan berlangsung di Kabupaten Tanah Datar pada 4-7 Desember 2019.

Dalam festival budaya ini akan ditampilkan antara lain; Pawai Budaya, Arakan Jamba, Makan Bajamba, dan Pemecahan Rekor MURI untuk Pagelaran Telepong Pacik Terbanyak.

"Melalui penyelenggaraan event pariwisata diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat juga," kata Irwan.

‎Terkait digelarnya event pariwisata tersebut, Menpar Arief Yahya mengapresiasi Provinsi Sumbar mempunyai 49 event unggulan, 3 event di antaranya masuk dalam 100 Wonder Event digelar sepanjang tahun ini di 19 kabupaten/kota di Sumbar.

“Setiap bulan ada 4 event pariwisata berlangsung di Sumbar. Banyaknya event ini menunjukkan keseriusan para pimpinan daerah (Gubernur/Walikota/Bupati) Sumbar dalam memajukan pariwisata. 50 persen keberhasilan pariwisata di daerah ditentukan oleh CEO Commitment," kata Arif Yahya.

Penulis: Ign Agung Nugroho
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved