Uji Emisi

Mobil Wajib Uji Emisi 2020, Anies Minta Pelaku Usaha Bengkel Investasi Peralatannya

Anies Minta Pelaku Usaha Bengkel Investasi Alat Uji Emisi. Tahun 2020, seluruh kendaraan mobil yang masuk wilayah DKI Jakarta wajib lolos uji emisi.

Mobil Wajib Uji Emisi 2020, Anies Minta Pelaku Usaha Bengkel Investasi Peralatannya
WARTA KOTA/FITRIYANDI AL FAJRI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) saat menguji emisi kendaraan operasionalnya di Balai Kota, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019). Dalam kesempatan itu, Anies Baswedan juga meluncurkan aplikasi Elektronik Uji Emisi yang bisa diunduh masyarakat di ponsel, sebagai panduan pelaksanaan uji emisi. 

WARTAKOTRALIVE.COM, JAKARTA --- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meminta kepada pelaku usaha bengkel untuk berpartisipasi dalam mendukung pelaksanaan uji emisi.

Caranya, mereka membeli dan menyiapkan layanan uji emisi kendaraan, sehingga 3 juta lebih kendaraan mobil yang belum diuji bisa segera dicek kualitas pembakaran mesinnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, tidak semua pelaku usaha bengkel mau menginvestasikan duitnya untuk membeli alat uji emisi. Sebab pemilik jarang menguji uji emisi kendaraannya.

Di sisi lain, pemerintah daerah baru menggiatkan pelaksanaan uji emisi bagi kendaraan pribadi.

“Karena itu, sekarang kami wajibkan pengendara uji emisi, sehingga bengkel mau membuka dan menginvestasikan uangnya untuk membeli alat uji emisi,” ujar Anies di Balai Kota DKI, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2019).

Menurut Anies, jumlah bengkel yang membuka layanan uji emisi masih sangat jauh dari angka ideal.

Kata dia, baru ada 155 bengkel mobil yang menyediakan uji emisi, sementara ada sekitar 3,4 juta kendaraan yang belum melaksanakan uji emisi.

Berdasarkan kajian Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, setidaknya dibutuhkan 933 bengkel untuk melayani jutaan kendaraan itu.

Lokasi bengkel itu tersebar di lima wilayah DKI di antaranya Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat.

“Sekarang kami umumkan mulai Januari 2020, pelaksanaannya wajib, sehingga bengkel-bengkel punya waktu tiga bulan untuk menyiapkan alat, tempat, dan tenaganya,” imbuhnya.

Halaman
12
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved