Berita Jakarta

20 Tahun, YCAB Berikan Beasiswa Anak Putus Sekolah Hingga Targetkan Peningkatan SDM

YCAB setidaknya telah membantu 3,5 juta anak-anak putusan sekolah agar dapat mendapatkan haknya dalam hal pendidikan.

20 Tahun, YCAB Berikan Beasiswa Anak Putus Sekolah Hingga Targetkan Peningkatan SDM
Wartakotalive/Joko Supriyanto
Pendiri YCAB, Veronica Colondam bersama anak didik melakukan pelepasan burung merpati di perayaan hut 20 YCAB di kawasan Kebon Jeruk Jakarta Barat. 

Menginjakan usai genap 20 tahun, Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB foundation) sebagai rumah belajar dan sekolah informal tingkat SD hingga SMA terus mengembangkan sayapnya untuk membantu anak-anak tidak mampu.

Sejak didirikan 2003 silam, YCAB setidaknya sudah bantu 3,5 juta anak-anak putus sekolah agar dapat mendapatkan haknya dalam hal pendidikan. 

Hal itu didasari kepedulian Veronica Colondam pendiri YCAB atas melihat tingginya anak-anak putus sekolah, sehingga terbentuknya rumah belajar ini yang dikhususkan bagi anak-anak tidak mampu.

Sejumlah anak didik YCAb menghadiri perayaan hut 20 YCAB di kawasan Kebon Jeruk Jakarta Barat, Selasa (13/8/2019)
Sejumlah anak didik YCAb menghadiri perayaan hut 20 YCAB di kawasan Kebon Jeruk Jakarta Barat, Selasa (13/8/2019) (Wartakotalive/Joko Supriyanto)

Tak hanya membantu anak-anak tidak mampu, YCAB juga berencana memberikan beasiswa untuk jenjang perguruan tinggi.

Beasiswa itu akan disalurkan melalui program keuangan ultra-mikro pada 2010.

Cerita Yusuf TKI Korea yang Sempat Ketipu Akhirnya Bakal Nikah Sama Wanita Cantik

Program keuangan ultra-mikro berupa pinjaman kepada para ibu pra-sejahtera untuk meningkatkan perekonomian keluarga sehingga pendidikan anak-anak dapat tetap terjamin.

"Kami tengah menyeleksi 70 mahasiswa dari anak-anak para ibu yang mengikuti program ultra mikro atau peminjaman modal usaha di YCAB. Nantinya, akan dipilih sebanyak 20 mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa," kata Pendiri YCAB, Veronica Colondam, Selasa (13/8/2019).

Mengapa Mawar De Jongh Menangis Begitu Sampai Lokasi Syuting Film Bumi Manusia?

Meski sudah puluhan tahun membantu anak-anak tidak mampu, Veronica menyebut ada beberapa tantangan kedepannya yakni peningkatan SDM.

Sebab, dengan bertambahnya SDM maka YCAB dapat membantu anak-anak putus sekolah lebih banyak lagi.

Target SDM yang akan dicari yaitu harus memiliki kemampuan dan kemauan serta berjiwa sosial sehingga keberadaannya akan dirasakan lebih berguna bagi banyak orang.

Pentingnya SDM berkualitas itu harus sesuai perkembangan YCAB yang hingga kini memiliki puluhan unit usaha, termasuk usaha permodalan.

Diharapkan kualitas mereka semakin meningkat setiap tahun, begitu juga kualitas hidup peserta didik di YCAB.

"Kendala terbesarnya untuk mendapat SDM yang punya hati untuk berdampak dan punya kompetensi. Jadi meningkatan SDM merupakan tantangan kedepan," ujarnya.

Selain fokus pada pendidikan, sejak 2010 lalu YCAB mendirikan program peminjaman modal usaha bagi ibu-ibu untuk mengembangkan usahanya.

"Saat ini tercatat modal ventura yang diberikan YCAB sudah lebih dari 158.000 perempuan pedagang ultra-mikro. Kebanyakan dari mereka menjalankan usaha warung dan penjual makanan," ucapnya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved