Transportasi

Naik KRL Dari Jakarta, Menhub Resmikan Stasiun Metland Telaga Murni Cibitung Bekasi

Naik KRL Dari Jakarta, Menhub Resmikan Stasiun Metland Telaga Murni Cibitung Bekasi. Stasiun ini dibangun sepenuhnya oleh pengembang berkonsep TOD.

Naik KRL Dari Jakarta, Menhub Resmikan Stasiun Metland Telaga Murni Cibitung Bekasi
Warta Kota/Muhammad Azzam
Stasiun KRL Metland Telaga Murni Cibitung, Kabupaten Bekasi, yang diresmikan pada Selasa (13/8/2019). 

WARTAKOTALIVE.COM, BEKASI --- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan Stasiun KRL Metland Telaga Murni Cibitung, Kabupaten Bekasi, Selasa (13/8/2019).

Sebelum meresmikan Stasiun Telaga Murni, Menhub berangkat menggunakan KRL dari Jakarta.

"Saya sengaja hadiri peresmian stasiun ini naik KRL. Saya ingin tahu masyarakat gunakan KRL arah Cikarang Bekasi," kata Budi Karya, kepada wartawan, Selasa (13/8/2019).

Proses peresmian juga ditandai dengan penandatanganan serah terima hibah yang dilakukan Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Zulfikri dengan Wakil Presiden Direktur PT Metropolitan Land Tbk Anhar Sudradjat.

Dalam persemian itu, Menhub mengatakan, stasiun ini bisa menjadi percontohan baru atas kerja sama antara pemerintah dengan swasta dalam hal ini PT pengembang kawasan Perumahan Metland Cibitung.

"Ini yang pertama pembangunan stasiun murni dibiayai pihak swasta dengan diserahkan ke pemerintah. Ini membantu dalam pengembangan moda transportasi kereta api," ucap dia.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan Stasiun KRL Metland Telaga Murni Cibitung, Kabupaten Bekasi, pada Selasa (13/8/2019).
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan Stasiun KRL Metland Telaga Murni Cibitung, Kabupaten Bekasi, pada Selasa (13/8/2019). (Warta Kota/Muhammad Azzam)

Atas percontohan ini, Menhub berharap bisa dicontoh pihak swasta lain dalam membantu pemerintah, tak hanya terbatas membangun stasiun, tapi banyak kolaborasi kegiatan yang bisa dilakukan.

"Saling membantu dalam percepatan pembangunan pemerintah itu sangat baik, apalagi terkait fasilitas yang dibutuhkan masyarakat," ucap dia.

Budi menerangkan hal serupa akan dilakukan oleh pengembangan hunian swasta di kawasan Stasiun Maja. Di lokasi itu dibangun beberapa fasilitas penunjang transportasi KRL.

"Di sana (Maja) sudah ada Stasiun lama tapi kita kerja sama dengan swasta untuk bangun TOD (Transit Oriented Development)," kata dia.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved