Jika Punya Paspor Sebaiknya Disimpan Baik-baik, Sebab Jika Hilang Bisa Didenda Rp 1 Juta

“Kalau hilang nanti penggantian, harus lapor ke kepolisian lapor kehilangan, lalu lapor ke imigrasi nanti kita lihat ilangnya karena kenapa,”

Jika Punya Paspor Sebaiknya Disimpan Baik-baik, Sebab Jika Hilang Bisa Didenda Rp 1 Juta
Warta Kota/Alex Suban
Kantor Imigrasi Khusus Bandara Soekarno-Hatta menggelar layanan pembuatan paspor mobil keliling di halaman Kantor Redaksi Warta Kota, di Palmerah, Jakarta Pusat, Kamis (2/5/2019). Kegiatan ini sebagai bagian dari HUT ke-20 Warta Kota. 

Jika punya paspor sebaiknya disimpan baik-baik dan jangan sampai hilang. Sebab jika hilang maka sanksinya didenda Rp 1 juta.

“Kalau paspor hilang denda Rp 1 juta, sementara paspor yang rusak Rp 500 ribu,” ujar Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Bandara Soekarno-Hatta, Arvin Gumilang saat dihubungi Warta Kota, Senin (12/8/2019) kepada Wartakotalive.com.

Ia menjelaskan, kenaikan denda itu telah berlaku sejak Mei 2019. Hal itu berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomo 28 Tahun 2019 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang berlaku pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Kenaikan denda pun mencapai tiga kali lipat, pasalnya denda sebelumnya untuk paspor yang hilang sebesar Rp 300 ribu.

Arvin Gumilang menambahkan, bagi paspor yang hilang tidak hanya dikenakan denda, tapi juga harus menambah biaya pembuatan paspor sebesar Rp 350 ribu, sedangkan paspor elektronik Rp 650 ribu.

Untuk mengurus paspor yang hilang, ungkap Arvin Gumilang, masyarakat diwajibkan membuat pengaduan ke pihak kepolisian lebih dulu, setelah itu baru melapor ke Kantor Imigrasi.

Ketika di Imigrasi, nantinya akan dilakukan pemeriksaan oleh pihak Imigrasi terkait kehilangan paspor itu.

“Kalau hilang nanti penggantian, harus lapor ke kepolisian lapor kehilangan, lalu lapor ke imigrasi nanti kita lihat ilangnya karena kenapa,” papar Arvin Gumilang.

Pasutri dan Dua Pengedar Uang Palsu Pilih Pasar Anyar Tangerang karena Aman Belanjakan Uangnya

Diposting Warga di Akun Instagram, Polisi Lacak Penembak Seekor Anjing yang Disaksikan Anak-anak

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Dedy
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved