Dilanda Kekeringan, Di Rumah-rumah Warga Perum Sudirman Tigaraksa Sama Sekali Tidak Ada Airnya

“Kita terus siap siaga dalam menghadapi musim kering. Permintaan air bersih terus mengalir dari warga yang mengalami kekeringan di beberapa wilayah

Penulis: Andika Panduwinata | Editor: Dedy
Warta Kota/Andika Panduwinata
Dua orang ibu sedang menampungi air bersih, Minggu (11/8), yang dipasok UPT Sarana Air Bersih Dinas Perumahan, Permukiman, dan Pemakaman Kabupaten Tangerang di Perum Sudirman Indah Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, yang sudah dilanda kekeringan sejak enam bulan lalu. 

Di momen Idul Adha kali ini, warga Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, dirundung keprihatinan. Masyarakat sengsara lantaran kesulitan memperoleh air bersih.

“Beberapa masih ada yang mendapatkan air di rumahnya, tapi tidak normal. Kalau di sekitar rumah saya lebih parah lagi sama sekali tidak ada airnya,” ungkap Maryadi (47), warga Perum Sudirman Indah Blok H-3, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Minggu (11/8/2019) kepada Wartakotalive.com.

Maryadi menjelaskan, dia bersama warga sudah berupaya melakukan pengeboran untuk bisa mendapatkan air. Namun usaha tersebut tidak pernah berhasil.

“Pengeboran sudah dilakukan, baik itu sumur dangkal mau pun sumur dalam. Tapi tidak pernah berhasil, hingga kedalaman 70 meter. Pokoknya setiap kali tidak ada hujan, pasti di sini kering,” ucapnya sambil menyeka dahinya.

Tak ayal, untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari, warga mengambil air bersih di musala. Jaraknya berada sekitar 200 meter dari kediamannya.

Dikatakan Maryadi, kondisi kekeringan tersebut sudah dialami masyarakat sejak enam bulan terakhir ini.

Meski dirinya tak bisa merinci berapa total jumlah warga yang terdampak kekeringan, tapi ia memperkirakan sekitar 75 persen warga Perum Sudirman Indah Tigaraksa saat ini sangat kesulitan mendapatkan air.

Melihat warga Perum Sudirman Indah Tigaraksa dilanda kekeringan, Pemerintahan Kabupaten Tangerang memberikan bantuan air bersih 5.000 liter atau satu unit mobil tangki air dari Dinas Perumahan, Permukiman dan Pemakaman Kabupaten Tangerang.

Bantuan air bersih tersebut akibat banyak sumur bor warga mengalami kekeringan akibat musim kemarau panjang.

Pasok bantuan air

Kepala Bidang Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang, Abdul Munir menerangkan sebelumnya Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui pihak Perusahaan Daerah Air Minum mengirim bantuan air sebanyak empat mobil tangki di wilayah yang terdampak.

“Memang kita terus siap siaga dalam menghadapi musim kering. Permintaan air bersih terus mengalir dari warga yang mengalami kekeringan di beberapa wilayah,” kata Munir.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang dalam hal ini pihak PDAM, Dinas Perumahan, Permukiman dan Pemakaman, Badan Penanggulangan Bencana Daerah terus berupaya menyalurkan kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

“Hari ini pun dari Dinas Perkim sigap langsung mengirim tangki air bersih ke warga Sudirman Tigaraksa. Masyarakat langsung antre membawa galon untuk bantuan air bersih ini,” paparnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved