Film

Benar, Hanung Bramantyo Mendorong Iqbaal Ramadhan dan Mawar De Jongh Saat Syuting Film Bumi Manusia

Hanung Bramantyo benar-benar mendorong Iqbaal Ramadhan dan Mawar De Jongh ditengah syuting film 'Bumi Manusia' pada pertengahan Juli 2018. Mengapa?

Benar, Hanung Bramantyo Mendorong Iqbaal Ramadhan dan Mawar De Jongh Saat Syuting Film Bumi Manusia
Dokumentasi Falcon Pictures
Para bintang film 'Bumi Manusia', yakni Iqbaal Ramadhan dan Mawar De Jongh, mengapit Ine Febriyanti di Gala Premier film 'Bumi Manusia' di Surabaya Town Square, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (9/8/2019) malam. 

Hanung Bramantyo (43) mengaku mendorong dua bintang utamanya di film Bumi Manusia.

Kedua bintang itu adalah Iqbaal Ramadhan (20) dan Mawar De Jongh (17) yang masing-masing memainkan peran sebagai Raden Mas Tirto Adhie alias Minke dan Annelies Mellema.

Namun, apa yang dilakukan Hanung Bramantyo itu bukan tindakan kasar.

Sutradara Hanung Bramantyo disela Gala Premier film 'Bumi Manusia' dan 'Perburuan' dan menemui Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/8/2019) siang.
Sutradara Hanung Bramantyo disela Gala Premier film 'Bumi Manusia' dan 'Perburuan' dan menemui Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (8/8/2019) siang. (Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko)

"Apa yang saya lakukan saat syuting film Bumi Manusia supaya adegannya lebih pas sesuai ukuran saya," kata Hanung Bramantyo berbincang di Hotel Majapahit, Jalan Tunjungan, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (10/8/2019) dini hari.

Saat itu Hanung Bramantyo bersama para bintang film Bumi Manusia dan Perburuan menggelar Gala Premier film Bumi Manusia di Surabaya Town Square, Surabaya, Jumat (9/8/2019) malam.

Pengalamannya membuat puluhan judul film hingga mengarahkan banyak bintang film ternama Indonesia membuat Hanung Bramantyo ingin cerita Bumi Manusia benar-benar sesuai isi Novel Bumi Manusia.

Novel Bumi Manusia dituliskan mendiang sastrawan Pramoedya Ananta Toer yang pernah diterbitkan Balai Pustaka medio 1980 dan sempat dilarang peredarannya.

Sambil membuat film, Hanung Bramantyo juga pernah terlibat dalam banyak pementasan teater.

Ketika ada adegan yang membutuhkan emosi, Hanung Bramantyo ingin para pemainnya benar-benar bisa mewujudkan emosinya itu saat beradegan didepan kamera film.

Perjalanan Hanung Bramantyo Sebelum Film Bumi Manusia: Dari Sang Pencerah hingga Sultan Agung

Apa Saja Tantangan yang Dihadapi Sutradara Hanung Bramantyo Selama Menggarap Film Bumi Manusia?

Salah satunya ketika Minke dan Annelies Mellema harus saling melepaskan satu sama lain di film Bumi Manusia.

Halaman
12
Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved