BERITA VIDEO

VIDEO : Di SMKN Jawa Tengah, Siswa Miskin Bisa Belajar dan Hidup di Asrama Dengan Gratis

Siswa miskin di Jawa Tengah memiliki harapan untuk masa depan karena adanya sekolah kejuruan yang dilengkapi asrama dengan SPP gratis

Dengan tenaga yang selalu dikuat-kuatkan, Darsini (50) menghidupi tujuh anaknya sendirian.

Dia hanya tamatan Sekolah Dasar. Tak punya rumah, pekerjaan tidak menentu dan suaminya telah meninggal sembilan tahun silam.

Inilah Darsini, ibunda Fajar Jaka Surya yang suratnya kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo viral di media sosial. Sementara Fajar sekolah di SMK Negeri Jateng di Semarang, Darsini menjalani kehidupan sehari-hari di Desa Bulu RT 6 RW 1, Petarukan, Pemalang.

Buruh tenun ini masih tak percaya anak kelimanya bisa sekolah di Ibukota Provinsi Jateng tanpa biaya.

“Waktu Fajar bilang mau sekolah di Semarang saya tidak bisa jawab. Di Pemalang saja saya tidak mampu membiayai apalagi di Ibukota. Alhamdulillah kok ternyata diterima tanpa butuh biaya, maturnuwun Gusti,” kata Darsini dengan Bahasa Jawa logat Tegalan

Dijelaskannya, sebagai buruh tenun penghasilannya maksimal hanya Rp 100 ribu per bulan. Anak pertamanya mengidap penyakit dan hanya bisa tergolek di tempat tidur. Karena itulah, ia hanya mampu menyekolahkan anak kedua dan ketiganya hingga SMP.

Maka tak bisa ia bayangkan darimana mendapatkan uang untuk kelanjutan sekolah Fajar. Apalagi adik Fajar juga masih SMP dan butuh biaya.

Darsini mengaku sangat bingung ketika Fajar ingin melanjutkan sekolah SMK di Semarang.

Darsini malah tak percaya ketika Fajar bercerita bahwa SMKN Jateng tidak menarik biaya apapun pada siswanya.

Suasana belajar siswa di SMKN Jateng
Suasana belajar siswa di SMKN Jateng (Dok SMKN Jateng)

Jika pun benar ada, menurut Darsini, tentu seleksinya ketat dan saingannya luar biasa banyak. Seringkali malah butuh uang pelicin atau koneksi orang dalam agar bisa diterima.

Halaman
12
Editor: Alex Suban
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved