Berita Video

VIDEO: Masjid Al A'zhom Tangerang Gunakan Alat Peroboh Sapi Saat Pemotongan Kurban Idul Adha

alat itu diharapkan dapat mengurangi siksaan sapi yang biasanya dijatuhkan dengan cara diikat kakinya sebelum disembelih

VIDEO: Masjid Al A'zhom Tangerang Gunakan Alat Peroboh Sapi Saat Pemotongan Kurban Idul Adha
Warta Kota
Alat peroboh sapi yang akan digunakan di Masjid Al A'zhom yang berada di Kawasan Pusat Pemerintah Kota Tangerang, Jumat (9/8/2019). 

Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Raya Al A'zhom menciptakan alat peroboh sapi yang akan digunakan dalam pemotongan hewan kurban pada 11 Agustus 2019 mendatang.

Sekretaris Panitia Hewan Kurban DKM Masjid Raya Al A'zhom, Felix Mulyawan menerangkan, alat itu diharapkan dapat mengurangi siksaan sapi yang biasanya dijatuhkan dengan cara diikat kakinya sebelum disembeli.

"Kita menggunakan alat peroboh sapi untuk mempercepat proses yang dibuat secara kreatif oleh teman-teman pengurus Al A'zhom supaya tidak menyiksa binatang," ujar Felix saat ditemui Warta Kota, Jumat (9/8/2019).

Felix menambahkan, meski menggunakan alat untuk merobohkan, namun tetap mengikuti syariat agama dalam pemotongan sapi, di antaranya adalah menghadap kiblat.

VIDEO: Tidak Takut Mati Lampu, SMP Negeri 1 Punya Panel Surya

Proses pembuatan alat peroboh sapi ini, kata Felix, dikerjakan dalam waktu dua bulan.

Nantinya, sapi akan diarahkan ke sebuah kotak besi yang sudah dibentuk sedemikian rupa, kemudian tubuhnya ditempelkan ke sisi samping alat lalu papan besi itu akan direbahkan ke tanah.

VIDEO: Sarwendah Tan Merasa Keluarganya Komplit Setelah Angkat Betrand Peto Jadi Anak

"Yang buat remaja di sini dari hasil ATM, Amati, Tiru, Modifikasi," terang Felix.

VIDEO: Lomba Teknik Spa Tingkat Nasional Diikuti Puluhan Terapis se Indonesia

Setelah disembelin, sapi-sapi itu kemudian dibawa ke tempat jagal yang berada di belakangnya untuk dipotong kemudian dibagikan ke masyarakat yang memenuhi kriteria penerima hewan kurban.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved