Tidak Ada Kekosongan Kursi Meskipun Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Baru Belum Dilantik

Tidak Ada Kekosongan Kursi Meskipun Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Baru Belum Dilantik.

Tidak Ada Kekosongan Kursi Meskipun Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Baru Belum Dilantik
WARTA KOTA/MUHAMMAD AZZAM
Tidak Ada Kekosongan Kursi Meskipun Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Baru Belum Dilantik. 

MASA jabatan anggota DPRD Kabupaten Bekasi periode 2014-2019 telah berakhir, pada 5 Agustus 2019.

Hal itu berdasarkan perhitungan waktu dilantiknya para legislator tersebut pada tanggal 5 Agustus 2014 lalu atau terhitung 60 bulan kerja.

Akan tetapi anggota DPRD yang baru belum juga ditetapkan dan dilantik. Dikarenakan ada gugatan dari peserta pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

Enam Tahun Vakum, Lady Rocker Nicky Astria Bakal Gelar Konser Tunggal 23 Agustus Ini

Link Live Streaming Liverpool Vs Norwich di Laga Perdana Liga Inggris 2019, Main Sabtu Dinihari Ini

Kepala Bagian Humas DPRD Kabupaten Bekasi, Karnadi memastikan tidak akan terjadi kekosongan meskipun anggota DPRD yang baru belum ditetapkan atau dilantik.

"Tidak akan terjadi kekosongan, itu sesuai Peraturan Pemerintah (PP) nomor 12 tahun 2018. Masa jabatan berakhir selain sejak pengucapan sumpah atau janji, juga berakhir sampai Anggota DPRD yang baru mengucapkan sumpah," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (9/8/2019).

Karnadi kembali menegaskan meskipun KPU belum menetapkan legislatif periode 2019-2024, kekosongan kursi tidak akan terjadi.

Hal itu mengacu kepada Pasal 27 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota, masa jabatan anggota DPRD adalah 5 tahun terhitung sejak pengucapan sumpah/janji dan berakhir pada saat Anggota DPRD yang baru mengucapkan sumpah/janji.

Lasro Marbun Jabat Kepala Inspektorat Sumut, IKA FH Universitas Mpu Tantular Ucapkan Selamat

Jakpro Umumkan Pemenang Lelang Pengerjaan Konstruksi Utama Stadion BMW, 20 Agustus 2019

"Tidak akan terjadi kekosongan meskipun anggota DPRD yang baru belum dilantik. Wewenang dan kewajiban mereka sama sebagai anggota dewan sampai yang baru dilantik atau mengucapkan janjinya," ucap dia.

Sekretaris DPRD Kabupaten Bekasi, Ahmad Kosasih mengatakan seluruh anggota DPRD Kabupaten Bekasi periode 2014-2019 diminta tetap menjalankan tugasnya sampai 50 anggota DPRD Kabupaten Bekasi baru dilantik.

"Walaupun hak keuangan anggota DPRD telah dihentikan tapi mereka masih memiliki kewenangan yang sah selama anggota dewan periode mendatang dilantik," ujarnya saat dikonfirmasi, Jumat (9/7/2019).

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved