Bisnis Keuangan

Harteknas 2019, Masyarakat Dituntut Cerdas Sikapi Gempuran Fintech

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional pada 10 Agustus 2019, perkembangan fintech lokal menjadi salah satu topik yang disorot.

Harteknas 2019, Masyarakat Dituntut Cerdas Sikapi Gempuran Fintech
thinkstockphotos
Ilustrasi. Hingga kini masih ada perusahaan teknologi keuangan alias fintech peer to peer lending yang menyalahgunakan data pribadi konsumen atau peminjam. 

Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) yang jatuh pada 10 Agustus 2019, perkembangan fintech lokal menjadi salah satu topik yang patut disorot.

Terutama dengan tingginya antusiasme masyarakat Indonesia akan layanan serta produk keuangan yang semakin inovatif dan memudahkan sebagai penunjang kehidupan sehari-hari.

Terbukti, saat ini OJK mencatat bahwa sudah ada 113 perusahaan fintech yang terdaftar dan berizin.

Jumlah masyarakat yang paham tentang fintech pun mengalami kenaikan yang signifikan dari 26,34 persen pada 2016 menjadi 70,63 persen pada 2018 (Fintech Report 2018).

Tingginya perkembangan dan penetrasi fintech nampaknya menimbulkan tantangan baru, baik bagi masyarakat, pelaku industri, dan pemerintah, yaitu terkait kekhawatiran terhadap perlindungan data pribadi.

 TERBONGKAR, Pelatih Paskibraka Tahu Tubuh Aurel Lebam dan Dipaksa Makan Kulit Jeruk

 TERUNGKAP, Wali Kota Airin Rachmi Diany yang Lapor Polisi Terkait Kematian Aurel yang Janggal

 Oknum Prajurit TNI AD Pratu DAT Terbukti Jual Ratusan Amunisi ke KKB Papua Terancam Hukuman Mati

 Ajudan Iriana Jokowi, Sandhyca Putrie yang Masih Lajang Masuk Tentara Lewat Jalur Sarjana

Survey Global Ipsos-Centre for International Governance Innovation (GICI) mencatat, sebanyak 8 dari 10 warganet global sudah mengkhawatirkan keamanan privasi mereka lebih banyak dibandingkan tahun lalu.

Kekhawatiran itu terutama muncul pada warganet di negara berkembang, dimana Indonesia menempati posisi ketujuh dengan jumlah warganet yang khawatir terkait keamanan sebesar 86 persen.

“Perlindungan data pribadi konsumen di berbagai layanan berbasis teknologi di Indonesia menjadi salah satu fokus yang harus kita cermati bersama," ungkap Alie Tan, CTO & Co-Founder Kredivo, salah satu platform kartu kredit digital di Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Meningkatnya inovasi serta digitalisasi di era teknologi saat ini, kata dia, harus diimbangi dengan sikap yang bijaksana dan mawas diri.

 Niat Puasa Tarwiyah dan Puasa Arafah yang Jatuh Pada Tanggal 9-10 Agustus 2019

Halaman
1234
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved