Transportasi Umum

Arief Lirik Angkot AC, Jok Kulit, dan Berpintu Otomatis, Rencana Operasi Tahun Depan

Arief Lirik Angkot AC, Jok Kulit, dan Berpintu Otomatis. Rencana Operasi Tahun Depan dan Terintegrasi dengan Bus Rapid Transit.

Arief Lirik Angkot AC, Jok Kulit, dan Berpintu Otomatis, Rencana Operasi Tahun Depan
Istimewa
Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menjajal angkot modern di kawasan Puspemkot Tangerang, Jumat (9/8/2019). 

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah Melirik Angkot AC, Jok Kulit, dan Berpintu Otomatis. Rencana Operasi Tahun Depan dan Terintegrasi dengan Bus Rapid Transit (BRT).

WARTA KOTA, TANGERANG ----  Angkutan perkotaan (Angkot) yang nyaman bagi masyarakat sudah mulai dilirik Pemerintah Kota Tangerang.

Untuk mewujudkannya, Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah beserta jajaran Dinas Perhubungan Kota Tangerang melakukan uji coba terhadap produk yang ditawarkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales di kawasan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Jumat (9/8/2019).

Dari keterangan resmi yang diterima, Arief menjelaskan, angkot yang dijajalnya sudah dilengkapi dengan air conditioner (AC), pintu penumpang otomatis, serta jok kulit untuk penumpangnya.

"Pagi ini kita uji coba angkot. Kelebihannya sudah menggunakan AC dan pintu otomatis, dalamnya juga lebih nyaman," ujar Arief.

Untuk mewujudkannya, jajaran Dinas Perhubungan Kota Tangerang baru akan melakukan sosialisasi kepada seluruh pemilik angkot di Kota Tangerang, sekaligus mendata berapa angkot yang saat ini beroperasi di jalan.

"Karena yang menjadi prioritas adalah kenyamanan dan keamanan, baik penumpang maupun juga pengendara, nah inilah makanya yang sekarang lagi kita uji coba," ungkapnya.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menjajal angkot modern di kawasan Puspemkot Tangerang, Jumat (9/8/2019).
Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah menjajal angkot modern di kawasan Puspemkot Tangerang, Jumat (9/8/2019). (Istimewa)

Rencananya, model angkot baru ini akan beroperasi tahun depan dengan sebelumnya dilakukan uji coba pada akhir tahun.

Jika sudah berjalan, rute angkot akan terintegrasi dengan Bus Rapid Transit (BRT )sehingga tidak ada lagi angkot yang "ngetem" lantaran telah sesuai dengan trayek-trayek dan headway atau waktu antara dua sarana transportasi yang ada.

"Misalnya per sepuluh menit akan ada angkot, atau per limabelas menit akan ada angkot. Kemungkinan-kemungkinan itu yang sedang kita bicarakan," terang Arief.

Sementara itu, seorang sopir angkot di Tangerang, Mukmin mengatakan, secara bentuk mobil itu masih menyerupai angkot pada umumnya, namun memiliki kelebihan yang membuat penumpang nyaman.

"Untuk mobil sih sama aja, cuma ya bedanya ada di AC aja," kata Mukmin.

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved