Berita Video

VIDEO: Pertamina Klaim Telah Angkat Tumpahan Minyak Sebanyak 3.965 Barel

Pihaknya juga memasang 600 meter movable oil boom untuk mengadang oil spill yang lepas dari sumber utama karena tersapu ombak.

VIDEO: Pertamina Klaim Telah Angkat Tumpahan Minyak Sebanyak 3.965 Barel
Dok Kecamatan Muara Gembong
Ketika warga bersama Pertamina melakukan pembersihan tumpahan minyak di Pantai Bahagia, Muara Gembong, Kabupaten Bekasi beberapa waktu lalu. 

PT Pertamina Hulu Energi Offshore Northwest Java (PHE ONWJ) terus melakukan pengangkatan tumpahan minyak atau oil spill dalam peristiwa di Anjungan YYA-1 PHE ONWJ di Laut Jawa.

Sebanyak 3.965,71 barel oil spill telah diangkat dari perairan laut Jawa tersebut.

"Sampai saat ini, total oil spill yang berhasil diangkat dari offshore sudah mencapai 3.965,71 barel. Rata-rata oil spill yang berhasil diangkat sekitar 400 barel sampai 500 barel per hari,” kata Taufik Aditiyawarman, Incident Commander  Pertamina, di kantor pusat Pertamina, Jalan Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (8/8/20191).

Pihaknya juga memasang 600 meter movable oil boom untuk mengadang oil spill yang lepas dari sumber utama karena tersapu ombak.

Selain itu, Pertamina mengerahkan 4 oil skimmer, 44 kapal untuk combat oil spill, penampungan sementara, patrol, dan standby fire fighting, untuk mengangkat dan menyedot tumpahan minyak.

"Sedangkan untuk penanganan oil spill di shoreline, kami menggunakan 2.520 meter fishnet atau jaring ikan di wilayah pesisir pantai terdampak," kata Aditiyawarman.

Selain itu juga menggunakan 3. 000 meter oil boom di muara sungai. Kemudian, melakukan pembersihan pesisir pantai oleh tim penanggulangan bersama dengan masyarakat daerah terdampak.

"Sampai dengan 7 Agustus 2019, total jumlah karung shoreline mencapai 1.047.386 karung. Jumlah itu dengan estimasi oil spill content per karung maksimal 10 persen, selebihnya adalah batu, pasir dan sebagainya," jelasnya.

Dari kejadian tersebut, daerah terdampak yang paling banyak dan berulang terkena oil spill antara lain Desa Sedari dan Cemara Jaya.

Sedangkan, daerah terdampak yang tidak selalu berulang terkena oil spill yaitu Pantai Pelangi, Pantai Mutiara, dan Pantai Samudera.

Halaman
123
Penulis: Mohamad Yusuf
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved