PLN Digugat ke Pengadilan Gara-gara Ikan Koi Mahal Mati saat Listrik Padam

Ikan-ikan koi tersebut, dikatakan David, merupakan ikan hias yang memiliki nilai jual tinggi, jenis Borodo, Tancho Kahoku, dan Sanke.

istimewa
Ikan Koi 

Sejumlah warga yang memelihara ikan koi menggugat PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) ke pengadilan menyusul padamnya listrik secara massal pada Minggu (4/8) hingga Senin (5/8) lalu di separuh Pulau Jawa.

Padamnya listrik hingga 9 sampai 14 jam dua hari itu mengakibatkan ikan koi peliharaan mereka mati. Di antara penggugat adalah warga Tebet, Jakarta Selatan, Ariyo Bimo dan Petrus Bello.

Kuasa hukum Ariyo dan Petrus, David Tobing menyampaikan dirinya telah mendapatkan kuasa untuk mendaftarkan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atas kerugian yang dialami kedua kliennya.

"Jumlah ikan koinya ada tiga milik Pak Ariyo dan empat ekor milik Pak Petrus," kata David saat ihubungi Tribun, Rabu (7/8/2019).

Ikan-ikan koi tersebut, dikatakan David, merupakan ikan hias yang memiliki nilai jual tinggi. "Ada jenis Borodo, Tancho Kahoku, dan Sanke dan lainnya," lanjutnya.

Ia mengatakan akan menempuh jalur Small Claim Court (SCC) atau gugatan sederhana agar gugatan tersebut bisa cepat diputus hakim.

SCC itu diatur oleh Peraturan MA (Perma) Nomor 2 Tahun 2015 tentang Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana.

Dengan jalur SCC, perkara diadili paling cepat 7 hari dan paling lama 25 hari. Selain itu, penggugat hanya boleh meminta ganti rugi materil dan tidak boleh meminta kerugian immateril.

Dengan menggunakan jalur gugatan SCC ini, diharapkan pengadilan bisa cepat memberikan kepastian ganti rugi kepada para konsumen yang dirugikan akibat padamnya listrik.

Dari laporan kiennya, ikan koi yang mati berjenis Borodo lokal 50 cm seberat 2 kg, 2 jenis Tancho Kohaku lokal 45 cm seberat 2 kg dan satu jenis Sanke lokal 45 cm seberat 2 kg.

Halaman
123
Editor: Lucky Oktaviano
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved