Film

Sebelum Mendapatkan Bumi Manusia dan Perburuan, Falcon Pictures Ingin Membuat Film Gadis Pantai

Falcon Pictures pernah mengincar Novel Gadis Pantai untuk difilmkan. Tapi keluarga Pramoedya Ananta Toer ingin Bumi Manusia dan Perburuan.

Sebelum Mendapatkan Bumi Manusia dan Perburuan, Falcon Pictures Ingin Membuat Film Gadis Pantai
Instagram @falconpictures_
Dua bintang film ternama Indonesia, Adipati Dolken dan Ayushita Nugraha, ketika meluncurkan poster film Perburuan di RBoJ Cafe, Jalan Buncit Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (26/6/2019). 

Jauh sebelum menggarap dua film yang kisahnya diambil dari dua novel karangan Pramoedya Ananta Toer; Bumi Manusia dan Perburuan, ada satu novel lain yang diincar rumah produksi Falcon Pictures.

Novel pertama tulisan Pramoedya Ananta Toer yang diincar Falcon Pictures untuk diangkat ke layar lebar berjudul Gadis Pantai.

Novel Gadis Pantai merupakan novel tulisan mendiang Pramoedya Ananta Toer yang diterbitkan medio 1960-an.

Pramoedya Ananta Toer berbicara dalam video dokumentasi yang diputar di Pameran 'Jejak Langkah Pram'. Pameran digelar di RBoJ Cafe, Jalan Buncit Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dan mulai dibuka untuk umum, Senin (5/8/2019) malam, hingga akhir Agustus ini.
Pramoedya Ananta Toer berbicara dalam video dokumentasi yang diputar di Pameran 'Jejak Langkah Pram'. Pameran digelar di RBoJ Cafe, Jalan Buncit Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dan mulai dibuka untuk umum, Senin (5/8/2019) malam, hingga akhir Agustus ini. (Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko)

Gadis Pantai adalah cerita bersambung tulisan Pramoedya Ananta Toer yang ada dalam rubrik lembar kebudayaan 'Lentera' di Harian Bintang Timur (1962-1965).

Kisah tersebut merupakan bagian pertama trilogi tentang keluarga Pramoedya yang kemudian terbit sebagai buku pada 1987, namun sejurus kemudian dilarang Jaksa Agung masa itu.

Sementara Novel Gadis Pantai jilid kedua dan ketiga dibakar pada 13 Oktober 1965.

Lewat Pameran Jejak Langkah Pram, Adipati Dolken Berharap Karya Pramoedya Dikenal Generasi Masa Kini

Mawar Eva De Jongh Senang Melihat Dekat Karya Pramoedya Ananta Toer di Pameran Jejak Langkah Pram

Frederica, Produser Falcon Pictures, mengatakan, semula akan mengangkat cerita dalam Novel Gadis Pantai ke layar lebar.

Namun setelah bertemu dan berbincang bersama Astuti Ananta Toer (63), putri keempat dari 8 bersaudara Pramoedya Ananta Toer, rencana Falcon Pictures tadi berubah.

"Ibu (Astuti Ananta Toer) ingin Novel Perburuan yang diangkat ke film," kata Frederica berbincang disela pembukaan Pameran Jejak Langkah Pram di RBoJ Cafe, Jalan Buncit Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Sampul-sampul novel karya Pramoedya Ananta Toer terpasang di Pameran 'Jejak Langkah Pram'. Pameran digelar di RBoJ Cafe, Jalan Buncit Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dan mulai dibuka untuk umum, Senin (5/8/2019) malam, hingga akhir Agustus ini.
Sampul-sampul novel karya Pramoedya Ananta Toer terpasang di Pameran 'Jejak Langkah Pram'. Pameran digelar di RBoJ Cafe, Jalan Buncit Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, dan mulai dibuka untuk umum, Senin (5/8/2019) malam, hingga akhir Agustus ini. (Warta Kota/Heribertus Irwan Wahyu Kintoko)

Tidak hanya Perburuan saja.

Halaman
123
Penulis: Irwan Wahyu Kintoko
Editor: Irwan Wahyu Kintoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved