Idul Adha

Hasil Pemeriksaan Hewan Kurban di Depok Tidak Ditemukan Penyakit Infeksi

Kebanyakan hewan kurban di Kota Depok didatangkan dari luar kota, sehingga dalam perjalanan hewan mengalami kelelahan, masuk angin, atau stres.

Hasil Pemeriksaan Hewan Kurban di Depok Tidak Ditemukan Penyakit Infeksi
Warta Kota/Gisesya Ranggawari
Hewan kurban milik Haji Doni di Mal Hewan Qurban miliknya di Kelapa Dua, Depok, Selasa (6/8/2019). 

Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok memeriksa kesehatan hewan kurban.

Pemeriksaan hewan kurban menjelang Idul Adha 2019 sudah dilakukan sejak 1 Agustus 2019.

Hasil terakhir pemeriksaan terhadap 20.242 ekor hewan kurban dari 266 lapak kurban per Selasa (6/9/2019) sore tidak ditemukan penyakit zoonosis atau penyakit infeksi hewan.

"Petugas DKP3 Kota Depok sejak H-10 sudah melakukan pemeriksaan hewan kurban ke lapak di seluruh Kota Depok," kata Diah Sadiah, Kepala DKP3 Kota Depok kepada Warta Kota, Selasa (6/9/2019).

"Update sampai tanggal 6 Agustus sore telah diperiksa 266 lapak, dengan jumlah hewan 20.242 ekor dan Alhamdulillah belum ditemukan penyakit zoonosis," katanya lagi.

Meski sebagian besar sehat, namun masih ditemukan penyakit ringan pada hewan kurban yang didatangkan dari luar Kota Depok seperti flu dan sakit mata.

Ogah Ikut Program Bayi Tabung, Tyas Mirasih Anggap Belum Rezeki Dikasih Momongan

Diah menduga, faktor perjalanan jauh menuju Depok bisa membuat hewan kurban menderita penyakit flu dan sakit mata tersebut.

"Karena kebanyakan hewan di Kota Depok didatangkan dari luar kota, sehingga di perjalanan bisa mengalami kelelahan, masuk angin atau stres," ucap Diah.

Dia menyarankan, para pemilik lapak yang hewannya mengalami sakit ringan untuk segera diobati dan dipisahkan dari hewan lainnya agar tidak menulari hewan sehat.

Untuk mencegah penyakit serupa pada masa mednatang, dia menginstruksikan kepada pedagang agar hewan kurban yang didatangkan dari luar kota harus membawa surat keterangan sehat lebih dulu.

"Hewan yang didatangkan dari luar Depok juga wajib mempunyai surat keterangan sehat dari daerah pengirim sehingga datang di Depok hewan tersebut sehat," tuturnya.

Indonesia Great Sale Bakal Dibuka Menteri Perdagangan di Tangcity Mall Tangerang

Selain itu, Diah berharap, para penjual dan pembeli bisa memilih hewan sehat, cukup umur, dan memenuhi syarat dari segi bobotnya.

Alasannya, menyembelih hewan kurban sebagai ibadah.

"Karena kurban ini ibadah, penjual dan pembeli saya harapkan memilih hewan yang sehat, cukup umur dan gemuk," ucap mantan Kepala Disnaker Kota Depok ini.

Penulis: Gisesya Ranggawari
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved