Listrik Padam

Mati Lampu, Ibu Menyusui StressTakut ASI Perah di Freezer Rusak

“Yang di freezer biasa sempat aku buka, ada satu dua bagian depan yang mulai mencair. Tapi yang di freezer ASI ngga berani buka sampai lampu menyala.

Mati Lampu, Ibu Menyusui StressTakut ASI Perah di Freezer Rusak
bbc.co.uk
ilustrasi ASI Perah 

Padamnya listrik semalam membuat para ibu yang menyimpan Air Susu Ibu di kulkas menjadi khawatir ASI yang sudah disimpan menjadi mencair.

Pasalnya bila ASI sudah mencair, harus segera dikonsumsi hanya dalam waktu 12 jam berada di kulkas dan hanya 2-3 jam bila berada di luar kulkas.

Fera ibu dua anak ini mengaku pasrah walaupun agak stress juga bila ASI yang disimpannya mencair.  Walaupun akibat pemadaman kemarin, ASI yang disimpan masih kondisi bagus.

“Yang di freezer biasa sempat aku buka, ada satu dua bagian depan yang mulai mencair. Tapi yang di freezer ASI ngga berani buka sampai lampu menyala. Soalnya kalau ada udara bikin cepat cair,” ujar ibu dari Zivana (4) dan Daniela (4 bulan).

Polisi Bekuk Empat Penipu Penjualan Rumah Mewah Modus Agen Properti

Ia mengatakan, ASI yang disimpan di freezer lumayan banyak dari mengumpulkan saat belum masuk kerja.

“Kalau di botol ada 90 an lebih, yang di kantong ada 100. Makanya agak stress juga kalau simpanan ASI pada mencair,” kata Fera yang semalam di rumahnya di bilangan Lubang Buaya mati listrik hingga 6 jam dan hari ini tidak mati lampu.

Hampir sama dikemukakan Ica, yang sempat was-was, namun untungnya ASI simpanannya tetap beku. “Alhamdulilah masih pada beku. Soalnya di freezer ditaruh es gel 2 biji trus nggak dibuka-buka freezernya,” ujar warga Bekasi ini.

VIDEO: PLN Banten Harap Warga Letakkan Lilin Lampu di Tempat Aman Agar Tidak Jadi Kebakaran

Menurutnya dengan meletakan es gel ASI akan tetap beku bisa sampai 12 jam bahkan bisa 24 dengan catatan tidak dibuka-buka.

DR Dr Naomi Esthernita Dewanto SpA(K) mengatakan, ASI yang sudah mencair tidak bisa dibekukan kembali  untuk disimpan.

Mau tidak  mau harus segera dikonsumi dalam waktu 12 jam ketika masih di kulkas. Tapi bila sudah dikeluarkan dari kulkas (suhu ruang) dalam waktu 2-3 jam harus segera dikonsumsi.

Bila diabaikan, ASI yang terlalu lama di suhu ruang akan membuat zat gizinya sudah hilang, dan tidak ada jaminan apakah sudah terkontaminasi bakteri atau tidak.

“Jangan pernah membekukan ASI yang sudah cair. Kalau sudah cair bisa tahan 12 jam, tapi langsung diminum dalam kurun waktu hari itu juga harus diminum.  Ini sama saja seperti ASI dari freezer diletakan di bagian bawah kulkas agar cair dan besoknya bisa dikonnsumsi. Tapi kalau taro  di luar (kulkas, Red)  2-3 jam harus udah habis,” ujar Dokter Naomi yang dihubungi Wartakotalive.com, Senin (5/8/2019).

VIDEO: Satu Keluarga Tewas Akibat Kebakaran di Teluk Gong

Antisipasi

Bila pemadaman masih berlangsung lama, Naomi menyarakan, agar lebih aman,    menggunakan genset agar  ASI benar-benar tetap membeku. Pasalnya menggunakan coolbox tidak akan lama.  

“Jadi mau ngga mau punya ganset. Kalau tidak punya, bisa titp tetangga yang punya ganset. Kalau ngga kan sayang karena harus  diminum hari itu juga dan tidak bisa lagi dibekukan,” ujarnya. (LIS)

Penulis: Lilis Setyaningsih
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved