Ibu Kota Pindah

Jakarta Belum Ideal, Ibu Kota Baru di Kalimantan Bakal Jadi Standar Pembangunan Kota di Indonesia

KONSEP rancangan Ibu Kota baru di Kalimantan, bakal jadi role model bagi pembangunan kota-kota di Indonesia.

Editor: Yaspen Martinus
Kompas.com/Kurnia Sari Aziza
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, saat wawancara bersama Kompas.com, Rabu (10/5/2017). 

KONSEP rancangan Ibu Kota baru di Kalimantan, bakal jadi role model bagi pembangunan kota-kota di Indonesia.

Hal itu dikatakan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro.

"Ibu kota ini nanti jadi acuan dan referensi dari pembangunan kota lain di Indonesia," ujarnya dalam diskusi bertajuk Dialog Nasional III Pemindahan Ibu Kota Negara, di Kantor Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (1/8/2019).

Naik Helikopter TNI AD Saat Hendak Dilahirkan, Bayi Ini Diberi Nama Muhammad Satria Helly Perkasa

Menurut Bambang Brodjonegoro, wilayah yang kini menjadi perkotaan umumnya dibangun tanpa perencanaan dan desain yang matang.

Kota tersebut kebanyakan berasal dari sebuah desa yang berpenduduk banyak, namun disokong dengan fasilitas memadai, sehingga lambat laun menjadikan wilayah tersebut sebagai kota.

"Jadi, dengan pembangunan ibu kota ini, kita ingin menciptakan standar bagaimana sebuah kota dibangun dan dirancang dengan mempertimbangkan berbagai aspek," tuturnya.

Hari Ini Tim Teknis Polri Mulai Bekerja, Novel Baswedan Heran dan Nilai Cuma Mengulur Waktu

Lebih lanjut Bambang Brodjonegoro menilai, DKI Jakarta yang kini masih menjadi ibu kota negara Indonesia, masih belum cukup disebut sebagai kota ideal.

Penilaian itu ia dasari karena DKI belum punya jaringan gas kota untuk memasok kebutuhan bahan bakar rumah tangga ataupun industri.

Gas LPG 3kg alias gas melon menjadi kebutuhan masyarakat, dirasa tak ramah lingkungan, banyak masalah dan menguras anggaran lantaran membutuhkan subsidi yang cukup besar.

Kronologi Truk Tanah Timpa Mobil di Tangerang, Satu Balita Berhasil Diselamatkan

Tapi di ibu kota baru nanti, ia memastikan wilayah tersebut bakal menjadi kota ramah lingkungan dan penduduk, lewat usungan konsep smart, green, beautiful, dan sustainable.

"Jakarta saja kan belum jadi kota ideal karena belum memiliki jaringan gas kota yang menjadi pasokan seluruh warga kota," jelas Bambang Brodjonegoro.

Sebelumnya, Presiden Jokowi memastikan ibu kota Indonesia bakal pindah ke Kalimantan.

Nama Sutopo Purwo Nugroho Diabadikan di Ruang Serbaguna Lantai 15 Kantor BNPB

Hal ini ditegaskan Jokowi saat hari kedua ‎kunjungan kerjanya ke Sumatera Utara, Selasa (30/7/2019), tepatnya di The Kaldera Nomadic Escape.

"Ya kan memang dari dulu saya sampaikan, pindah ke Kalimantan."

 TAK MENYERAH! Kivlan Zen Bakal Ajukan Praperadilan Lagi, Kali Ini Empat Gugatan Sekaligus

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved