Berita Jawa Barat

Dewan Masjid Indonesia Jawa Barat Juga Imbau Panitia Qurban Pakai Besek, Bukan Plastik

Ia menilai penggunaan besek itu sangat bermanfaat, selain itu menekan angka produksi sampah juga meningkatkan perekonomian masyarakat kecil.

Dewan Masjid Indonesia Jawa Barat Juga Imbau Panitia Qurban Pakai Besek, Bukan Plastik
Wartakotalive.com/Adhy Kelana
Jelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 11 Agustus 2019 nanti, sejumlah penjual hewan kurban mulai membuka lapak untuk menjual hewan kurban, Selasa (2/7). 

Tak hanya DKI Jakarta, Pemerintah Provinsi Jawa Barat juga menghimbau penggunaan besek sebagai pengganti plastik untuk mendistribusikan daging hewan kurban ke masyarakat.

Pemprov Jabar juga akan mengedarkan surat himbauan penggunaan besek tersebut.
Besek adalah tempat ada wadah yang terbuat dari anyaman bambu.

Menanggapi hal tersebut, Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Jawa Barat menyatakan siap turut mengedarkan surat hinbauan itu ke seluruh masjid yang ada di Jawa Barat.

"Kita apresiasi himbauan penggunaan besek itu oleh Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil. Kita akan sampaikan ke pimpinan tingkat Kota/Kabupaten soal penggunaan besek itu," ujar Wakil Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, Jawa Barat, KH Dede Saiful Anwar saat dihubungi Wartakota, Jumat (2/8/2019).

Ia menilai penggunaan besek itu sangat bermanfaat, selain itu menekan angka produksi sampah juga meningkatkan perekonomian masyarakat kecil.

"Ya dihitung saja, kalau tiap masjid bagikan 300 daging kurban pakai plastik dikalikan sekitar 126 ribu masjid di Jabar, ada puluhan juta sampah plastik," ujar dia.

Penggunaan besek juga, kata KH Dede Saiful Anwar, dapat memajukan perekonomian rakyat. Pasalnya, besek bambu diproduksi secara personal, tak seperti plastik yang diproduksi massal di pabrik.

"Plastik hasil dari pabrik, kalau besek bambu ini dari pengrajin, banyak yang dilibatkan. Belum lagi meningkatkan ekonomi petani bambu," ungkap dia.

Dalam waktu dekat ini, DMI Jawa Barat bakal menyebarkan surat edaran berisikan himbauan penggunaan besek bambu kepada panitia hewan kurban di masjid-masjid yang ada di Jawa Barat.

"Nanti pada hari Ahad besok, kita ada Rapat Pimpinan (Rapim). Nanti di Rapim itu hadir seluruh ketua cabang dari Kota/Kabupaten hingga tinggkat Kecamatan, desa/kelurahan, akan kita tanyakan pandangan dan sampaikan himbauan penggunaan besek itu," ucap dia.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved