Gunung Matterhorn

2 Pendaki Indonesia Menggapai Puncak Matterhorn, Merah Putih Berkibar di Pucuk Eropa

Dua pendaki Indonesia berhasil mengibarkan Merah Putih di Gunung Matterhorn (4.478m), salah satu puncak tersulit didaki di Pegunungan Alpen, Eropa.

2 Pendaki Indonesia Menggapai Puncak Matterhorn, Merah Putih Berkibar di Pucuk Eropa
istimewa
Sofyan Arief Fesa (kiri) dan Alvin Reggy Perdana, dua pendaki gunung Indonesia berhasil mengibarkan Merah Putih di puncak Gunung Matterhorn, dekat perbatasan Swiss-Italia pada Kamis (21/8/2019). 

Dua pendaki Indonesia berhasil mengibarkan Merah Putih di Gunung Matterhorn (4.478m), salah satu puncak tersulit didaki di Pegunungan Alpen, Eropa.

Sofyan Arief Fesa (36) dan Alvin Reggy Perdana (33) yang tergabung dalam tim Indonesia Expeditions mencapai puncak Matterhorn setelah memanjat dari rute di wilayah Italia, pada Rabu (31/7/2019) pukul 17.05 waktu setempat atau Kamis (1/8/2019) pukul 01.05 WIB.

Sofyan yang juga anggota Mahitala Universitas Katolik Parahyangan adalah salah satu dari empat pendaki Indonesia pertama yang menggapai Tujuh Puncak Dunia (The Seven Summits) pada 2011.

Jalur pendakian
Jalur pendakian (istimewa)

Pria kelahiran Bandung 20 Februari 1983 itu kini mengelola Indonesia Expeditons, perusahaan jasa pemandu pendakian gunung di seluruh dunia.

Perusahaan tersebut dikelolanya bersama sejumlah teman, termasuk rekan satu timnya pada pendakian tujuh puncak dunia, yaitu Xaverius Frans. 

Pendakian
Awal pendakian (Sofyan Arief Fesa)

Sedangkan Eggy, anggota Himpala Universitas Nasional adalah pendaki Indonesia pertama yang menggapai puncak Amadablam (6.812m) di Pegunungan Himalaya pada 10 November 2012 dan kini juga bergabung dengan Indonesia Expeditions.

Matterhorn dengan profil kerucut puncaknya yang sangat unik dan menjadi ikon produk coklat termasyhur dari Swiss, merupakan salah satu puncak yang tersulit didaki di Alpen.

Gunung Matterhorn
Gunung Matterhorn (istimewa)

Orang Italia menyebut gunung yang pertama kali didaki Edward Whymper tahun 1865 ini, Monte Cervino.

Ekspedisi Whymper berakhir tragis karena sebagian besar anggota timnya tewas terjatuh di tebing.

Ian mengabarkan, pemanjatan Matterhorn merupakan lanjutan dari pendakian Mont Blanc yang sebelumnya mereka lakukan.

Halaman
123
Penulis: Max Agung Pribadi
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved