Berita Video

VIDEO: Hari Terakhir Kunker, Presiden Jokowi Tinjau Proyek Pembangunan Sekitar Danau Toba

Hari terakhir kunjungan kerja ke Sumatera Utara, Presiden Jokowi meninjau pembangunan di Tano Ponggol, Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara

PRESIDEN Joko Widodo menjelaskan rencana pembangunan di Tano Ponggol, Pangururan, Kabupaten Samosir, Rabu (31/7/2019).

Menurutnya, pemerintah sedang memperlebar Terusan Tano Ponggol hingga 80 meter. Pelebaran ini untuk memudahkan kapal untuk berlayar mengelilingi Danau Toba

"Terusan Tano Ponggol selesai. Ini pekerjaan besar. Ini dilebarkan 80 meter. Sehingga kapal itu bisa mutar Pulau Samosir," ujarnya saat meninjau pembangunan proyek di Tano Ponggol, Kabupaten Samosir.

Banyak Mobil Disuntik Mati dalam 10 Tahun Terakhir, Ini Alasan Produsen Otomotif

Banyak Mobil Disuntik Mati dalam 10 Tahun Terakhir, Ini Alasan Produsen Otomotif

Jembatan Tano Ponggol yang merupakan penghubung antara daratan yang berseberangan dengan daratan Pulau Samosir. Jokowi menjelaskan akan dibangun jembatan yang dapat dilintasi kapal.

Jokowi juga mengungkapkan pemerintah akan menganggarkan pengadaan kapal tambahan di Pulau Samosir.

Jokowi telah memerintahkan menteri untuk melakukan renovasi di beberapa titik lokasi wisata Kabupaten Samosir yakni Desa Ulos Lumban Suhisuhi, Pasar Souvenir, dan Huta Siallagan.

"Tahun depan kita upayakan selesai semuanya. Termasuk dermaga. Kapal dibelikan untuk ditamabahkan. Dermaga selesai akan promosikan secara besar-besaran," katanya.

Presiden Jokowi mengatakan, pekerjaan akan dilakukan dengan cara bertahap. Ia berharap tahun 2020 seluruh pekerjaan telah rampung. Setelah rampung, Jokowi akan melakukan promosi secara besar-besaran.

Jokowi juga menyinggung tentang kualitas Air Danau Toba yang sudah tidak baik lagi bahkan dapat menimbulkan gatal-gatal bagi orang yang berenang.

VIDEO : Menengok Latihan 68 Anggota Paskibraka Nasional di Cibubur

Hasil Pemeriksaan Hewan Kurban Di Jalan Kramat Raya, Satu Hewan Sakit

Untuk itu, Jokowi telah memanggil peneliti khusus untuk mencari solusi menangani pencemaran Danau Toba. Jokowi juga mengungkapkan perusahan asing yang mendirikan Keramba Jaring Apung (KJA) akan dikaji ulang lagi tentang izin.

Halaman
1234
Penulis: Muhamad Rusdi
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved