Kesehatan

Kenali Tanda Serangan Jantung, Lakukan Tindakan Ini Ketika Seseorang Terkena Serangan Jantung

Jika seseorang mengalami serangan jantung harus segera ditangani di rumah sakit yang memiliki fasilitas kesehatan lengkap terdekat.

Kenali Tanda Serangan Jantung, Lakukan Tindakan Ini Ketika Seseorang Terkena Serangan Jantung
Warta Kota/Feryanto Hadi
Dokter jantung RS PP, dr Hengkie F Lasanudin 

Ahli jantung dan pembuluh darah Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP), dr Hengkie F Lasanudin SpJP (K) FIHA, mengungkapkan tanda-tanda seseorang terkena serangan jantung.

Pertama, rasa nyeri di dada sebelah kiri atau tengah, nyeri ulu hati atau nyeri dada seperti ditekan atau dihimpit benda berat.

"Kita juga harus bisa bedakan mana sakit dada jantung dan bukan jantung. Kalau penyakit jantung nyeri dadanya tidak terlalu singkat dan tidak terlalu lama, kata Hengkie di RSPP, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (1/8/2019).

Menurut dia, nyeri jantung yang menyebar harus diwaspadai sebagai tanda serangan jantung.

"Artinya tidak bisa ditunjuk dengan ujung jari karena itu nyeri proyeksi," ujarnya lagi.

Gejala lainnya yakni penjalaran ke lengan kiri, punggung, bahu, dan rahang. Terkadang disertai sesak nafas, dada berdebar, keringat dingin, mual atau muntah.

Pola Makan dan Suplemen Ini Bisa Membahayakan Kesehatan Jantung Anda, Hati-hati!

Dia menjelaskan, pada saat seseorang terkena serangan jantung, maka terjadi penyumbatan total pada arteri koroner. Dalam hitungan menit bisa menimbulkan kematian sel-sel otot jantung (miokard).

Akibatnya, fungsi jantung akan menurun drastis dan gagal berfungsi sebagai pompa sirkulasi darah ke seluruh tubuh atau dikenal sebutan gagal jantung.

"Kejadian sindrom koroner akut atau serangan jantung ini harus segera ditangani," ucapnya.

Menurut dia, semakin cepat sumbatan koroner diatasi, maka akan semakin banyak sel-sel miokard terselematkan sehingga daya pompa jantung dapat dipertahankan.

Halaman
123
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved