Wawancara Eksklusif

Orangtua Ungkap Alasan Pebulu Tangkis Marcus Fernaldi Gideon Sampai Pisah Kamar dengan Istri

Ada alasan khusus mengapa pebulu tangkis ganda putra andalan Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon sampai beda kamar dengan istri dan anaknya.

Orangtua Ungkap Alasan Pebulu Tangkis Marcus Fernaldi Gideon Sampai Pisah Kamar dengan Istri
Warta Kota
Tampilan wawancara eksklusif dengan Kurniahu Gideon yang ditayangkan pada Warta Kota cetak edisi, Sabtu (27/7/2019). 

Di balik anak yang sukses, ada orangtua yang hebat. Ungkapan ini terasa pas untuk menggambarkan kisah Kurniahu Gideon dengan Marcus Fernaldi Gideon.

Nama terakhir kini menjadi pujaan banyak orang khususnya pencinta bulu tangkis Indonesia. Marcus kembali menjadi perbincangan setelah menjuarai Indonesia Terbuka 2019 bersama partnernya di sektor ganda putra, Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Kepada wartawan Warta Kota, Gisesya Ranggawari, Kurniahu berbagi perjalanan karier Marcus, kehadiran cucu kedua, sampai cara mendidik anak hingga sukses. Berikut petikan wawancara yang berlangsung di toko milik Kurniahu di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Jumat (26/7) pagi.

Sejak Marcus dikaruniai anak pertama, Marcus Fernaldi Gideon Junior (lahir 29 Januari 2019), Indonesia Terbuka merupakan turnamen pertama Marcus bisa juara lagi. Apakah Marcus mengalami penurunan fokus?
Kalau namanya orang sedang di atas itu mempertahankan memang sulit ya. Dia begini saja sudah oke menurut saya. Di tahun ini sudah tiga kali juara (Malaysia Masters/15-20 Januari, Indonesia Masters/22-27 Januari, serta Indonesia Terbuka) dan masih peringkat satu (dunia). Kalau penurunan performa saya kira enggak, biasa-biasa saja, sama saja. Mungkin negara lain yang semakin maju ya.

All Indonesian Open Ganda Putra Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra
All Indonesian Open Ganda Putra Marcus/Kevin dan Ahsan/Hendra (instagram @Ina_badminton)

Tinggal setahun lagi, bagaimana persiapan Marcus menuju Olimpiade?
Pasti dia pengin sekali juara di sana (Tokyo, Jepang/tuan rumah Olimpiade). Dia juga selalu bilang sama saya ingin sekali juara di sana. Dan memang semua atlet pasti tujuan utamanya kan emas Olimpiade. Persiapannya juga kalau saya lihat bagus ya. Dia sering nambah latihan sendiri.

Pebulutangkis ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo ke perempat final Indonesia Open 2019 setelah mengalahkan pasangan India Satwiksairaj Rankireddy, Chirag Shetty 21-15 21-14.
Pebulutangkis ganda putra Indonesia Marcus Fernaldi gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo ke perempat final Indonesia Open 2019 setelah mengalahkan pasangan India Satwiksairaj Rankireddy, Chirag Shetty 21-15 21-14. (Warta Kota/Feri Setiawan)

Bisa diceritakan cara Anda melatih kedisiplinan Marcus?
Ya saya terapkan sejak kecil. Dulu juga kan saya sempat melatih Rexy (Mainaky), Nova (Widianto), dan Taufik (Hidayat). Kedisiplinan itu penting. Jam 9 latihan, jam 8 harus sudah ada di lapangan. Harus begitu. Apalagi anak saya Marcus. Jam 6 dia sudah jalan, latihan sendiri dulu. Memang dia selalu menambah latihannya sejak dulu.
Jadi kalau dibilang atlet setelah menikah dan punya anak performanya menurun, saya pikir anak saya beda. Dia sangat bisa jaga disiplin, dia bisa jaga makan. Terus kalau mau pertandingan saja dia sampai berbeda kamarnya dengan istri dan anaknya, karena supaya fokus kan.
Kalau satu kamar anaknya nangis kan bisa saja terganggu fokusnya. Kemarin di Indonesia Open juga dia seperti itu, beda kamar supaya fokus. Dia bisa mikir kalau dia mau juara harus bagaimana, dia itu bagus sekali atur waktunya kapan refreshing sama keluarga kapan jaga badan. Dia sangat mengerti supaya prestasi terjaga.

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon
Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon (PBSI)

Apa Marcus pernah menyampaikan kalau anaknya akan diarahkan menjadi atlet seperti dia dan Anda?
Ya belum tahu sih, tapi semua memang mengharapkan seperti bapaknya di bulu tangkis. Kan seperti saya, mantan pemain nasional meski saya nggak top tapi anak saya Marcus lebih hebat dari saya. Jadi ya semoga saja Junior juga lebih hebat dari Marcus. Ya pasti diarahkan sih sepertinya. Intinya coba dulu di bulu tangkis kalau gagal ya sekolah mungkin. Jangan sampai gagal dua-duanya.

Anak Pertama Marcus Fernaldi Gideon
Anak Pertama Marcus Fernaldi Gideon (Instagram)

Apa rahasia Anda dalam mendidik anak?
Ingat dan takut Tuhan, disiplin, hidup benar lurus dari yang kecil seperti jangan bohong, harus baik ke semua orang sama diiringi latihan yang rutin dan rajin.

Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dijamu oleh Presiden Joko Widodo bersama Menpora Imam Nahrawi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/4/2018).
Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dijamu oleh Presiden Joko Widodo bersama Menpora Imam Nahrawi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (2/4/2018). (BIRO PERS SETPRES)
Penulis: Gisesya Ranggawari
Editor: Eko Priyono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved