Berita Bogor

Bupati Bogor Ade Yasin Bantah Tak pedulikan Ombudsman soal SPAM Sentul City, Ini Katanya

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya menyebutkan, Bupati Bogor belum sepenuhnya melaksanakan tindakan korektif dalam LAHP Ombudsman RI.

Bupati Bogor Ade Yasin Bantah Tak pedulikan Ombudsman soal SPAM Sentul City, Ini Katanya
M Fikri Setiawan
Bupati Bogor, Jawa Barat Ade Yasin, Rabu (31/7/2019), membantah telah mengabaikan Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP) Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya. 

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya, Teguh P Nugroho menyebutkan, Bupati Bogor belum sepenuhnya melaksanakan tindakan korektif dalam LAHP Ombudsman RI terkait SPAM Sentul City.

Menanggapi pernyataan Teguh P Nugroho, Bupati Bogor, Jawa Barat, Ade Yasin membantah telah mengabaikan Laporan Akhir Hasil Pemeriksaan (LAHP) Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya.

LAHP yang dimaksud adalah terkait perkara pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kawasan Sentul City, Kabupaten Bogor.

"Bukan tidak ditanggapi, kami masih mencari formulasi, bagaimana agar ini tidak merugikan semua pihak. Ya, masak sih kita nggak tanggapi, kan nggak mungkin," ujarnya kepada Antara di Cibinong, Bogor, Rabu (31/7/2019).

Menurutnya, kini pihaknya tengah mencari jalan keluar untuk membiayai pemeliharaan Prasarana, Sarana, dan Utilitas (PSU) Kawasan Sentul City jika diserahkan ke Pemkab Bogor.

 Ahok Beberkan Asmaranya dengan Puput Hingga Ditanya Anak: Kenapa Nikah dengan yang Muda

 Dulu Pengusaha Sukses, Kini Harus Kembali dari Nol Keliling Pakai Sepeda Pink dan Tidur di Masjid

 Dibutuhkan Peran Aktif Indonesia untuk Mendukung Perdamaian Azerbaijan di Nogorno Karabakh

"Ketika PSU diambil oleh kami, tentunya kami harus memelihara PSU yang begitu bagus dan mewahnya, butuh biaya besar untuk memelihara PSU di sana," terang Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.

Di sisi lain, Ade Yasin menyebutkan bahwa di pelosok Kabupaten Bogor masih terdapat masyarakat dan sekolah-sekolah yang membutuhkan sentuhan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor.

"Makanya ya pikir kami, ini kan urusan-urusan besar, ini tentunya juga harus selesai tetapi bagaimana kita bisa prioritaskan yang lain," sebutnya.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya, Teguh P Nugroho melalui siaran persnya menyebutkan bahwa Bupati Bogor belum sepenuhnya melaksanakan tindakan korektif dalam LAHP Ombudsman RI terkait SPAM Sentul City.

"Meminta untuk segera melaksanakannya dengan menyampaikan hasil pelaksanaan tindakan korektif tersebut kepada Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya yang sampai saat ini belum mendapat tanggapan dari Bupati Bogor," tulisnya.

 Ibu Kota Pindah ke Kalimantan, Bagaimana Nasib Jakarta: Begini Tanggapan Pengamat Perkotaan

 TERUNGKAP Bocoran Identitas Artis Inisial SS yang Disebut akan Susul Nunung & Jefri Nichol

 Pemerintah Buka LOWONGAN 254.173 ASN, Lakukan Srategi Masuk ASN Saran BKN Ini Jika Ingin Lolos

Pembiaran itu menurutnya menyebabkan munculnya ketidakpastian terkait status hukum penjualan air baku kepada pihak ketiga yang berpotensi merugikan negara.

Selain itu, menurut Teguh menyebabkan munculnya ketidakpastian hukum kepada pemberi pelayanan air minum di kawasan Sentul City. (Antara)

 

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved