Berita Video

VIDEO: Puluhan Lapak PKL di Pegadungan Kalideres Dibongkar Petugas, Pedagang Pasrah

"Saya berdagang dilokasi ini sudah setahun lebih, ya kalau harus ditertibkan, mau dikata apalagi, kita pasrah saja," kata Udin, Selasa (30/7/2019).

VIDEO: Puluhan Lapak PKL di Pegadungan Kalideres Dibongkar Petugas, Pedagang Pasrah
Wartakotalive.com/Joko Supriyanto
Petugas Satpol PP 

Puluhan lapak Pedagang Kaki Lima (PKL) liar di jalan Utan Jati Raya, Kelurahan Pegadungan ditertibkan petugas gabungan Satpol PP Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat.

Penertiban dilakukan lantaran puluhan lapak itu berdiri di atas saluran air. Rencananya saluran air itu akan dikembalikan fungsinya.

Selain itu keberadaan gubuk liar ini membuat kawasan menjadi kumuh.

Petugas Satpol PP yang tiba dilokasi pun langsung melakukan penertiban keberadaan lapak-lapak itu.

VIDEO: Begini Penampakan Hunian Tipe 2 Kamar, Rusun Dp 0 Persen Klapa Village

Sebagian lapak yang sudah ditinggal pemiliknya ini pun dibongkar petugas, namu  ada beberapa pemilik lapak yang memilih membongkar lapaknya sendiri.

Tak ada perlawanan atas penertiban ini, para pedagang sendiri sudah memahami jika lapaknya ini berdiri di atas saluran air, sehingga meski dilakukan penertiban, mereka hanya dapat pasrah melihat kondisi ini.

Salah seorang pedagang, Udin dilokasi menyampaikan tidak ada rasa keberatan atas penertiban ini. Meskipun dirinya sudah berpuluh tahun berjualan di lokasi itu. Namun karena akan dilakukan normalisasi saluran air maka pihaknya hanya dapat pasrah.

VIDEO: Maudy Ayunda Wajib Wangi Kalau Keluar Rumah

"Saya berdagang dilokasi ini sudah setahun lebih, ya kalau harus ditertibkan, mau dikata apalagi, kita pasrah saja," kata Udin, Selasa (30/7/2019).

Dikatakan Udin, dirinya berharap akan adanya lokasi sementara untuk para pedagang, sehingga ada solusi terbaik, apalagi para pedagang ini sudah belasan tahun bahkan puluhan tahun mencari nafkah dilokasi itu.

"Saya berharap setelah penertiban lokasi ini kedepannya bisa dijadikan lokasi sementara dan lokasi binaan Pemda," katanya.

VIDEO EKSLUSIF: Sambil Perawatan Wajah, Andika Babang Tamvan Cerita Peredaran Narkoba di Artis

Sementara itu Kepala Satpol PP Kecamatan Kalideres Jakarta Barat, Romansen Sirait mengatakan sebelum melakukan penertiban pihaknya sudah memberikan sosialisasi kepada para pedagang.

Sehingga sebagian pedagang pun sudah mengetahui akan adanya penertiban ini, bahkan sudah ada yang membongkar sendiri lapaknya, sebelum petugas melakukan penertiban. 

"Ada beberapa bangunan yang dibongkar sendiri dan ada pula bangunan kios yang dibantu pembongkarannya oleh petugas. Jumlah bangunan kios itu sebanyak 60 kios," kata Romansen.

Menurutnya pembongkaran ini dilakukan karena akan mengembalikan fungsi saluran air yang diatasnya berdiri gubuk-gubuk yang dijadikan tempat berjualan para PKL. 

"Lokasi ini akan dikembalikan fungsinya yakni sebagai saluran air dan Taman. Jadi kita tertibkan untuk kembalikan lagi seperti semula," ucapnya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved