Berita Video

VIDEO: Ade Rai Beri Edukasi Kesehatan ke Pengemudi Ojol di Acara BPJS Kesehatan

Ade Rai sebagai brand ambasador telah menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan dengan berolahraga rutin serta menjaga pola makan

VIDEO: Ade Rai Beri Edukasi Kesehatan ke Pengemudi Ojol di Acara BPJS Kesehatan
Warta Kota
Ade Rai beri sosialisasi hidup sehat 

BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Selatan menggelar kegiatan sosialisasi program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dan Pola Hidup Sehat kepada puluhan komunitas di Aula Makarti, kantor Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) di Jalan Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (30/7/2019).

Ratusan orang mendapatkan edukasi soal manfaat keikutsertaan program jaminan sosial serta sesi pemaparan bagaimana menjaga pola hidup sehat dari brand ambasador BPJS Kesehatan yang dihadirkan dalam kesempatan itu, yakni Binaragawan Ade Rai.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Selatan Unting Patri Wicaksono mengungkapkan, kegiatan tersebut menjadi terobosan dalam merubah cara pandang dalam menyikapi kesehatan.

"Kegiatan ini sebagai ajang sharing terkait bagaimana perilaku hidup sehat. Selama ini BPJS kesehatan kan identiknya bagaimana mengurus orang yang sakit," ujar Unting Patri Wicaksono ditemui di sela kegiatan.

"Dengan adanya program ini, harapannya kita tidak selalu berpikir bagaimana menangani orang sakit. Akan tetapi, kita harus coba menggeser mainset bagaimana supaya masyarakat ini tidak sakit, yakni dengan memberika edukasi bagaiman menjaga kesehatan dan menerapkan pola hidup yang sehat" imbuh Unting.

Kegiatan tersebut, kata Unting, diikuti sekitar 300 peserta dari berbagai komunitas, mulai dari komunitas ojek online Jakarta Selatan, Komunitas Instruktur Senam, anggota Tim Penggerak PKK, komunitas majlis taklim serta para ASN dan Calon ASN dari Kemendes.

"Ade Rai sebagai brand ambasador telah menjelaskan pentingnya menjaga kesehatan dengan berolahraga rutin serta menjaga pola makan. Ini yang perlu kita kampanyekan bersama, bahwa bagaimana kita semua berusaha untuk menerapkan pola hidup sehat dan mensyukuri nikmat kesehatan yang diberikan Tuhan kepada kita," ungkapnya.

Para peserta kegiatan itu, antusias mendengarkan penjelasan dari Ade Rai mengenai bagaimana menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian, termasuk saat menjalankan aktivitas atau pekerjaan.

Ade Rai kerap menggunakan sejumlah analogi dan contoh masalah yang sederhana, sehingga penjelasan yang diberikan mudah terserap oleh peserta.

Selain edukasi soal pola hidup sehat, dalam kesempatan tersebut tidak sedikit warga yang memanfaatkannya untuk mendapatkan informasi lebih lengkap terkait JKN-KIS kepada petugas BPJS Kesehatan di stand yang tersedia.

Sementara itu, seorang peserta sosialisasi bernama Rosmini (49), mengaku mengambil banyak manfaat dari kegiatan tersrbut.

"Dari penjelasan tadi kita makin paham bahwa sehat itu penting. Tapi yang selama ini tidak kami pahami, bagaimana menciptakan kondisi tubuh yang sehat. Mas Ade Rai menjelaskan dengan contoh-contoh kesalahan sederhana yang memang saya pribadi lakukan, semisal soal pola makan yang kurang baik," ujar Rosmini yang juga anggota Majelis Taklim Al Mutaqien Pengadegan Timur.

Sementara itu, penarik ojek online bernama Deni Saputra (33), mengaku selama ini tidak ada keinginan sama sekali membuat kartu BPJS Kesehatan. Tetapi, setelah mendapatkan penjelasan soal manfaat JKN-KIS, ia memastikan dalam waktu dekat akan mendaftarkan dirinya dan istrinya sebagai peserta.

"Selama ini belum bikin karena merasa belum perlu. Padahal ya kalau berobat suka bayar. Setelah dapat penjelasan tadi, mungkin besok mau langsung daftar, termasuk istri dan anak saya juga akan saya ikutkan. Soalnya kita kan tidak tahu sewaktu-waktu bisa sakit ," tandasnya

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved