Sarana-Prasarana dan SDM Dinilai Buruk, 5 RS di Depok Turun Kelas

Lima rumah sakit di Depok turun kelas karena kualitas sumber daya manusia serta sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Sarana-Prasarana dan SDM Dinilai Buruk, 5 RS di Depok Turun Kelas
Warta Kota/Gopis Simatupang
Kepala Dinas Kesehatan Depok Novarita 

Lima rumah sakit di Depok turun kelas karena kualitas sumber daya manusia serta sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes), mengeluarkan rekomendasi kepada 615 rumah sakit (RS) se-Indonesia turun kelas (tipe).

Dari banyaknya RS yang turun kelas, di Kota Depok terdapat lima RS yang sebelumnya RS tipe C turun kelas menjadi RS tipe D.

Daftar Rumah Sakit di Jakarta yang Turun Kelas

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok Novarita mengatakan, rumah sakit yang turun kelas dari tipe C ke D itu adalah RS Jantung Diagram, RS Bunda Aliyah, RS Citra Arrafiq, RS Tumbuh Kembang, dan RS Setia Bakti.

"Untuk di Depok ada lima rumah sakit yang turun kelas rekomendasi dari Kementerian Kesehatan," kata Novarita di Balai Kota Depok, Jalan Raya Margonda, Kota Depok, Selasa (30/7/2019).

Penurunan kelas ini, terang Novarita, terkait dengan penilaian sarana prasarana dan sumber daya manusia (SDM) di rumah sakit.

Rumah Sakit BP Batam, BP Batam dan dClinic Tandatangani Kontrak Proyek Blockchain USD $ 140 juta

Penilaian tersebut dilakukan secara online melalui input data yang dilakukan masing-masing rumah sakit.

"Kemenkes me-review seluruh rumah sakit di Depok terkait sarpras dan SDM. Hasil review itu terbit pada 15 Juli lalu," tutur Novarita.

Setelah surat rekomendasi itu turun, Novarita mengatakan, sejumlah rumah sakit yang turun kelas itu merasa kecewa dengan hasil tersebut.

20 Rumah Sakit Peserta BPJS Kesehatan di Jakarta Utara Terapkan Sistem Sidik Jari, Cuma 3 yang Belum

Kekecewaan itu disampaikan dalam surat balasan melalui Dinas Kesehatan Kota Depok kepada Kemenkes, berisikan keberatan dengan hasil penilaian tersebut, belum lama ini.

Halaman
12
Penulis: Gopis Simatupang
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved