Breaking News:

HUT Kemerdekaan

Pembawa Baki Bendera Pusaka Merah Putih Ditentukan Jelang Perayaan Hari Kemerdekaan

Posisi pembawa baki bendera pusaka merah putih bagi anggota Paskibraka Nasional selalu menjadi incaran.

Warta Kota/Rangga Baskoro
Proses latihan Paskibraka Nasional 2019 di PP-PON Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (30/7/2019). 

Posisi pembawa baki bendera pusaka merah putih bagi anggota Paskibraka Nasional selalu menjadi incaran.

Bukan hanya karena menjadi sorotan, namun pembawa baki juga memiliki tugas berat pengemban amanah langsung dari tangan presiden untuk membawa bendera pusaka.

Saat ini, calon pembawa baki untuk upacara bendera di Istana Negara pada 17 Agustus 2019 mendatang, masih belum ditentukan.

Tercatat ada 34 calon kandidat perempuan yang berpotensi jadi pembawa baki.

Pembina Paskibraka Nasional 2019 Wahyu Saputra mengatakan sosok pembawa baki bakal ditentukan pelatih menjelang upacara pengibaran bendera 17 Agustus nanti.

"Satu hari sebelum hari H, itu kewenangan pelatih. Kalau kita (pembina) hanya memotivasi adik-adik biar semangat. Begitu di kelas kita berikan masukan lagi supaya tetap bisa diperbaiki," kata Wahyu di PP PON Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (30/7/2019).

 Suami Selingkuh dengan Janda Kaya Raya dan Rela Dimadu, Simak Kondisi Terkini Artis FTV Nadya Almira

 Guru Honorer dan Siswi SMA Jalin Cinta Terlarang Hingga Foto Syurnya Tersebar, Ini Penjelasan Polisi

 Dulu Minta Jatah ke Suami Delapan Kali Sehari, Kini Barbie Kumalasari Sebut Pegangan Tangan Cukup

Nantinya 13 pelatih gabungan yang terdiri dari anggota TNI-Polri menguji setiap kandidat yang mewakili tempat asalnya sebagai pembawa baki.

Wahyu menuturkan perkembangan kemampuan setiap Paskibraka Nasional 2019 yang harus berlatih sejak pukul 07.00 WIB hingga 17.00 WIB terus dipantau.

"Masih belajar lah, semuanya harus bisa. Nanti yang menentukan pelatih, jadi semua harus bisa di semuanya. Setiap hari berjalan, itu kewenangan pelatih," ujarnya.

Pelatih Paskibraka Nasional 2019 Letkol Amar yang tercatat anggota Kosgartap I Jakarta membenarkan bila posisi pembawa baki ditentukan jelang hari H.

Selain menguasai peraturan baris-berbaris, kondisi mental ikut jadi penentu siapa Paskibraka Nasional 2019 yang berhak atas posisi pembawa baki.

Mengingat penampilan Paskibraka Nasional 2019 dipastikan jadi sorotan masyarakat, beda dengan saat latihan di PP PON Cibubur yang minim penonton.

 Ahok Beberkan Asmaranya dengan Puput Hingga Ditanya Anak: Kenapa Nikah dengan yang Muda

 HEBOH, Dinyatakan Meninggal, Jasad Robby Anjal Jatuh di Mobil Ambulans Langsung Bangkit Lagi

 Komandan TNI AD Mimpi Aneh Sebelum Gempur KKB Papua, Bermakna Kematian tapi Endingnya Misi Sukses

"Kalau pembawa baki sampai nanti kami menjelang latihan di Istana masih akan kami ubah. Karena beda tempat, beda aura. Di sini kan bisa saja karena enggak ada orang. Kalau di istana kan beda ya," jelas Amar.

Sebagai informasi, dalam upacara peringatan HUT RI ke-73 tahun 2018 lalu, pembawa baki yang terpilih bahkan baru mengetahui posisinya 30 menit sebelum upacara dimulai.

Kala itu, Paskibraka Nasional 2018 Tarrisa Maharani Dewi yang tercatat sebagai siswi SMAT Krida Nusantara Bandung dipercaya pelatih sebagai pembawa baki. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved