GIIAS

Cegah Polusi Udara, Motor Lisrik Ecgo 2 Laris Manis di GIIAS 2019, Selis Murai jadi Best Seller

Alat transportasi hemat dan ramah lingkungan motor listrik ikutan tampil di ajang GIIAS 2019. Bagaimana hasil penjualannya?

Cegah Polusi Udara, Motor Lisrik Ecgo 2 Laris Manis di GIIAS 2019, Selis Murai jadi Best Seller
Wartakotalive.com/Mochammad Dipa
Produk motor listrik ECGO 2 di GIIAS 2019 

Pembeli motor listrik ECGO 2 tidak perlu khawatir dengan penggantian atau pembelian baterai. Sebab, pengguna kendaraan ini hanya perlu menyewa baterai dengan biaya sebesar Rp 95.000 untuk penggunaan 1.000 kilometer yang dapat digunakan dalam jangka waktu 30 hari.

SALAH satu momok dari Industri otomotif adalah terkait isu lingkungan. Jumlah kendaraan yang begitu banyak menimbulkan polusi udara.

Menyiasati hal ini, pemerintah pusat pun semakin mendukung pengunaan Electric Motor sebagai pengganti kendaraan bermesin bensin dan memperbanyak transportasi massal. 

Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 menjadi tempat diperkenalkannya alat trsnsportasi hemat dan ramah lingkungan ini.

Dalam pantauan Wartakotalive.com di pameran GIIAS 2019, ada beberapa merek motor listrik yang dipamerkan, di antaranya ECGO 2 dan Selis.

Jajal Motor Listrik, Gojek Gelar Uji Coba Honda PCX EV untuk Layani GoRide

Motor Listrik Axiis Liion Punya Power Nyaris Setara Kijang Innova dan Kalahkan Yamaha R6

Produk motor listrik ECGO 2 di GIIAS 2019
Produk motor listrik ECGO 2 di GIIAS 2019 (Wartakotalive.com/Mochammad Dipa)

ECGO 2 

Motor listrik produksi PT Green City Traffic ini ditawarkan dengan harga promo yang cukup murah yakni untuk pembelian tiga unit ECGO 2, maka harga satu unit ECGO 2 menjadi Rp 4,9 juta dari harga normal per unitnya Rp 6,9 juta.

"Harganya murah sekali sepertiga dari harga motor listrik lainnya atau bahkan dari harga motor bensin," ujar Chief Operating Officer PT Green City Traffic Rosyeni saat konferensi pers EC-GO 2 di ajang GIIAS 2019, ICE, BSD, Sabtu (27/7/2019).

ECGO 2 punya ruang ketinggian dari jalan atau lebih dikenal dengan istilah ground clearance berjarak 30 cm.

Motor listrik ini mampu melesat dengan kecepatan maksimal sampai 60 Km/jam.

Sekali pengisian baterai hingga penuh, motor mampu melaju hingga 70 kilometer.

Untuk daya baterai ECGO 2 mampu bertahan 3 sampai 4 jam pemakaian. 

"Baterainya pakai lithium dan pengecasan baterai sampai full makan waktu 4-6 jam," ujarnya.

Pembeli ECGO 2 tidak perlu khawatir dengan penggantian atau pembelian baterai, karena pengguna kendaraan ini hanya perlu menyewa baterai dengan biaya sebesar Rp 95.000 untuk penggunaan 1.000 kilometer yang dapat digunakan dalam jangka waktu 30 hari.

Suzuki Modifikasi 3 Mobil Andalannya di GIIAS 2019, New Ertiga Tampil Elegan, Jimny Makin Jantan

Booth Renault Terfavorit di GIIAS 2019, Fuso Fighter Raih Gelar Favorit Komersial

Chief Operating Officer PT Green City Traffic (GCT), Rosyeni, saat menjelaskan produk motor listrik ECGO 2 kepada pengunjung GIIAS 2019, ICE, BSD, Sabtu (27/7/2019).
Chief Operating Officer PT Green City Traffic (GCT), Rosyeni, saat menjelaskan produk motor listrik ECGO 2 kepada pengunjung GIIAS 2019, ICE, BSD, Sabtu (27/7/2019). (Wartakotalive.com/Mochammad Dipa)

Penyewaan baterai ini dapat dilakukan melalui akun pemilik ECGO 2 pada aplikasi ECGO Bike.

Aplikasi ini sudah tersedia di Google Play Store pada smartphone berbasis Android. 

"Ini kita sebut paket nyewa baterai. Customer baru bisa melakukan charging, dengan sewa (sistem beli pulsa baterai). Sistem pengecahasan baterainya itu udah terintegrasi dengan sistem akun yang terdaftar pada aplikasi," ungkap Rosyeni.

Selain itu, aplikasi ini juga berfungsi untuk memonitor informasi terkini tentang kendaraan ECGO 2 mulai dari kapasitas baterai, suhu kendaraan, lokasi GPS, kecepatan dan data lokasi pengisian baterai yang terkoneksi dengan BMS (Battery Management System).

Produk motor listrik ECGO 2 di GIIAS 2019
Produk motor listrik ECGO 2 di GIIAS 2019 (Wartakotalive.com/Mochammad Dipa)

Lebih aman

Selain itu, aplikasi tersebut juga menjadikan motor listrik ini lebih aman.

Artinya, GPS yang terpasang berfungsi untuk memastikan di mana posisi kendaraaan berada, dari sisi keamanan, apabila ada yang coba-coba memindahkan kendaraan tanpa sepengetahuan pemiliknya maka alarm akan berbunyi dan GPS akan mendeteksi lokasi kendaraan kepada pemiliknya melalui aplikasi.

Ketika ditanya soal jumlah penjualan unit ECGO 2 selama sembilan hari penyelenggaraan GIIAS 2019 atau hingga Sabtu (27/7/2019), sudah terjual 1.120 unit untuk penjualan ritel dan 5.000 unit untuk penjualan diler.

Unit ECGO 2 yang sudah dibeli saat GIIAS 2019 akan diterima konsumen pada akhir agustus 2019.

Selis Murai, Best Seller

BOOTH Motor listrik dan sepeda listrik Selis di GIIAS 2019
BOOTH Motor listrik dan sepeda listrik Selis di GIIAS 2019 (Wartakotalive.com/Mochammad Dipa)

Selis juga tak mau kalah menghadirkan kendaraan listrik yang menggunakan baterai. Lebih dari 30 varian model Selis dipamerkan di GIIAS 2019

"Ada banyak varian yang kita bawa, di antaranya, Murai, Apollo, EOI, Apolo, Butterfly LE, K Bike, hingga Balis (Bajaj Listrik)," kata GM Markwting PT Juara Bike Hartoyo kepada Wartakotalive.com, Sabtu (27/7). 

Hartoyo mengatakan, yang saat ini menjadi best seller yaitu model Murai.

Tipe ini diklaim menggunakan frame yang lebih kuat, serta sudah dibekali baterai 500 watt dan ban tubeless. Model ini juga terbilang cocok untuk ibu-ibu untuk kepentingan berbelanja.

“Model murai yang paling favorit, cocok untuk ibu-ibu. Model murai ini dimensinya lebih besar dari model-model sejenisnya, bannya tubeless, dan warna menyesuaikan selera orang indonesia, karena pengerjaannya mulai dari potong pipa, pengecatan, assembling dilakukan di Cikupa, Tangerang," ujarnya.

Salah satu model motor listrik Selis, Murai, menjadi salah satu varian favorit pengunjung GIIAS 2019.
Salah satu model motor listrik Selis, Murai, menjadi salah satu varian favorit pengunjung GIIAS 2019. (Wartakotalive.com/Mochammad Dipa)

Untuk model Murai ini mampu melesat dengan kecepatan 25 km per jam dwngan jarak tempuh hingga 35 km per jam.

Menurut Hartojo, Selis memberikan promo selama pameran GIIAS 2019 berlangsung.

"Misalnya untuk model Murai dari harga resmi Rp 7.850.000 dapat potongan Rp 450.000 jadi Rp 7.400.000," sebutnya.

Hartojo menambahkan bahwa, sampai hari ke 10 GIIAS 2019, Sabtu (27/7), Selis sudah menjual sekitar 80-90 unit dari berbagai model. 

Penulis: Mochammad Dipa
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved