Jangan Remehkan Sentul

Hajatan lomba lari trail bertajuk Sentul Hill Trail Run digelar pada tanggal 29 - 30 Juni 2019. Sentul Ultra Trail Running Academy (SUTRA) bekerjasama

Jangan Remehkan Sentul
istimewa
sentul 

WARTA KOTA - Hajatan lomba lari trail bertajuk Sentul Hill Trail Run digelar pada tanggal 29 - 30 Juni 2019. Sentul Ultra Trail Running Academy (SUTRA) bekerjasama dengan komunitas lari RFI Trail kembali menjadi penyelenggara event tahunan ini. Sebanyak 1056 pelari terkualifikasi dan 75 pelari dari mancanegara ikut meramaikan lomba ini. Beberapa peserta menyatakan bahwa mereka harus mengikuti Sentul Hill Trail Run 2019 kali ini karena di lomba ini para peserta yang berhasil menamatkan akan mendapatkan poin kualifikasi dari Asosiasi Lari Trail Internasional/International Trail Running Association (ITRA).

Poin kualifikasi ini sangat diperlukan guna mengikuti lomba-lomba Lari Trail Internasional yang mensyaratkan pesertanya untuk mempunyai sejumlah poin agar bisa terdaftar sebagai pesertanya. Karakteristik dan elevasi (akumulasi ketinggian yang ditempuh) rute Sentul Hill Trail Run ini sangat teknikal  dan membutuhkan strategi yang baik. Hal ini disampaikan oleh beberapa peserta yang sudah mengikuti lomba ini pada tahun-tahun sebelumnya. Lanskap perbukitan Sentul  sangat variatif dan cuaca  yang cukup panas sehingga menyuguhkan pemandangan dan trek yang sangat indah sekaligus menantang dalam menaklukkan rute-rute lomba yang disajikan.

Lomba ini menyajikan 4 kategori yang bisa dipilih oleh peserta. Kategori 110 km, diikuti oleh 31 peserta , kategori 65 km diikuti oleh 63 peserta, kategori 35 km diikuti oleh  246 peserta dan kategori 18 km diikuti oleh 533 peserta. Semua peserta akan start dari Taman Budaya Sentul City pada tanggal 29 Juni 2019  dan 30 Juni 2019. Kategori 110 km, diberikan waktu menyelesaikan lomba maksimum 30 jam, kategori 65 km dengan waktu maksimum 20 jam, kategori 35 km dengan waktu maksimum 12 jam dan kategori 18 km dengan waktu maksimum 6 jam. Waktu-waktu tempuh yang diberikan cukup panjang, dan diharapkan seluruh peserta berhasil menamatkan lomba lari yang diikutinya.

Peserta yang berhasil menamatkan atau menyelesaikan lomba di bawak waktu maksimum yang diberikan akan apresiasi berupa me dali penamat dan kaos penamat (hanya untuk kategori 110 km dan 65 km). Jumlah peserta yang berhasil menamatkan lomba lari ini pada kategori 110 km, 8 peserta (24 %), ; kategori 65 km, 42 peserta (67%) ; kategori 35 km, 219 peserta (89%) ; kategori 18 km, 424 peserta (80%). Kegagalan menamatkan lomba lari ini karena rata-rata peserta meremehkan Sentul, yang hanya lah untaian beberapa bukit, dan bukanlah suatu gunung yang cukup tinggi seperti lomba-lomba lari trail pada umumnya.

Para Peserta yang berhasil mencapai finish dan menjadi  juara berhak mendapatkan hadiah dari para sponsor. Tahun ini Sentul Hill Trail Run mulai dilirik oleh sponsor-sponsor besar produk outdoor dari luar negeri. Semoga ke depannya Sentul Hill Trail Run menjadi event tahunan yang sangat diperhitungkan bagi para pelari-pelari trail baik domestik maupun mancanegara.

Lomba lari Sentul Hill Trail Run ini ini disponsori oleh THE NORTH FACE (produsen aparel dan perlengkapan lari trail ), BUFF (produsen aparel lari trail) dan PT. BANK MANDIRI TBK, dan merupakan ajang kualifikasi para duta atlit THE NORTH FACE untuk wilayah Indonesia.

bravo SENTUL HILL TRAIL RUN, dan JANGAN REMEHKAN SENTUL.

Editor: Andy Prayogo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved