Berita Daerah

VIDEO: Jokowi Minta Warga Sekitar Tangkuban Perahu Waspada dan Ikuti Arahan Aparat

Gunung Tangkuban Parahu mengalami erupsi pada Jumat (26/7/2019) Presiden Joko Widodo pun meminta masyarakat sekitar Gunung untuk tetap waspada

Terjadi erupsi Gunung Tangkuban Parahu pada Jumat (26/7/2019).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Perahu untuk tetap waspada

Gunung Tangkuban Parahu di Jawa Barat mengalami erupsi pada Jumat (26/7/2019) pada pukul 15.48 WIB.

"Masyarakat harus waspada, yang di sekitar gunung waspada. Ikuti semua yang disampaikan aparat dan petugas," kata Jokowi di Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Erupsi Gunung Tangkuban Perahu, Pertamina Pastikan 5 SPBU Ini Tetap Beroperasi

Saat ini, Pemda tutup Kawasan Wisata Gunung Tangkuban Parahu sejak Jumat sore ini.

Menurut pantauan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), jatuhan abu vulkanik mencapai radius 1 hingga 2 km.

PVMBG juga telah melarang masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu, pengunjung, dan pendaki untuk turun dan mendekati dasar Kawah Ratu dan Kawah Upas.

Terungkap Firasat Istri Saat Bripka Rachmat Abaikan Himbauan Jangan Keluar Rumah Saat Pulang Kerja

"Tidak boleh menginap dalam kawasan kawah-kawah aktif yang ada di dalam kompleks Gunung Tangkuban Parahu, serta ketika cuaca mendung dan hujan dikarenakan terdapatnya gas-gas vulkanik yang dapat membahayakan kehidupan manusia," kata Pelaksana Harian Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Agus Wibowo dalam rilis yang disampaikan Jumat.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Barat, Supriyanto menyatakan bahwa masyarakat diminta untuk segera menjauhi pusat erupsi dan mencapai radius aman.

"Sekarang kalau mau aman ya mestinya di atas 4 kilometer," ujar Supriyanto.

Menurut siaran pers Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), tinggi kolom abu teramati lebih kurang 200 meter di atas puncak atau lebih kurang 2.284 meter di atas permukaan laut.

Kepala PVMBG Kasbani mengatakan, kolom abu yang teramati di gunung ini berwarna kelabu, dengan intensitas tebal condong ke arah timur laut dan selatan.

Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 38 milimeter dan durasi lebih kurang 5 menit 30 detik. Saat ini Gunung Tangkuban Parahu berada pada status Level I (Normal).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tangkuban Parahu Erupsi, Jokowi Minta Masyarakat Waspada"

Penulis : Ihsanuddin

Penulis: Muhamad Rusdi
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved