Pencurian

Terekam Kamera CCTV, Pura-pura Beli Minum, 2 WN Iran Diduga Mencuri Uang Rp 12 Juta

Terekam Kamera CCTV, Pura-pura Beli Minum, 2 WN Iran Diduga Mencuri Uang Rp 12 Juta. Keduanya Ditahan di Mapolres Tana Toraja.

Terekam Kamera CCTV, Pura-pura Beli Minum, 2 WN Iran Diduga Mencuri Uang Rp 12 Juta
Humas Polres Tana Toraja (MUH. AMRAN AMIR S. HUT)
Dua WNA asal Iran diamankan Tim Resmob Polres Tana Toraja diback up oleh Tim Sus Polda Sulsel yang diduga sebagai pelaku pencurian di Toko Satu Tujuh, Jalan Nusantara Nomor 72 Kelurahan Bombongan, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja, Minggu (21 /07/2019) lalu, Kedua Pelaku kini diamankan di Mapolres Tana Toraja, Jumat (26/07/2019). 

Setelah mendapatkan laporkan dari warga, Tim Resmob Polres Tana Toraja menangkap 2 warga negara asing asal Iran.

Dua warga negara Iran itu  diduga sebagai pelaku pencurian di Toko Satu Tujuh, Jalan Nusantara Nomor 72 Kelurahan Bombongan, Kecamatan Makale, Kabupaten Tana Toraja.

Keduanya yaitu, RSH Bin FTH (33) dan BZD Bin MZR (42). Mereka ditangkap pada Kamis (25/7/2019) sore.

Kapolres Tana Toraja AKBP Julianto P Sirait mengatakan, bahwa pada 21 Juli 2019, anggota Tim Resmob menerima laporan adanya pencurian uang tunai sebanyak Rp 12 Juta.

Tim kemudian melakukan olah tempat kejadian perkara dan mengumpulkan keterangan dari beberapa saksi yang ada di TKP.

“Dari hasil penyelidikan, pelaku diketahui berada di Kota Makassar. Tim Resmob Polres Tana Toraja berkoordinasi dengan Tim Khusus Polda Sulsel melakukan penangkapan keduanya.

Saat ini mereka diamankan di Mapolres Tana Toraja untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” kata Julianto, saat dikonfirmasi Jumat (26/7/2019).

Sementara Kepala Satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Tana Toraja AKP Jon Paerunan mengatakan, kejadian bermula ketika dua warga Iran tersebut masuk ke dalam toko Satu Tujuh.

Keduanya berpura-pura dengan membeli minuman ringan. Namun, salah satu pelaku mengalihkan perhatian dua orang karyawan yang bekerja di toko.

Kemudian, pelaku lainnya berbincang dengan pemilik toko. Pada saat itu, pelaku mengambil sejumlah uang yang berada di laci kasir.

Menurut Jon, pemilik toko merasakan ada hal yang aneh setelah kedua pelaku meninggalkan tokonya.

Pemilik toko kemudian menyampaikan hal itu kepada karyawannya dan meminta segera memeriksa rekaman kamera pengawas (CCTV).

"Terlihat salah satu WNA asing mengambil sejumlah uang yang berada di dalam laci kasir toko tersebut. Atas kejadian ini korban kehilangan uang sebesar Rp12 juta,” ujar Jon.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pura-pura Beli Minum, 2 Warga Iran Diduga Mencuri Uang Rp 12 Juta"

Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved