Pelecehan di Ruang Publik

Hollaback! Jakarta: 18 Persen Pelecehan Seksual di Tansportasi Online; Gojek: Sanksi Pemutusan Mitra

Hollaback! Jakarta: 18 Persen Pelecehan Seksual di Tansportasi Online; Gojek: Sanksi Pemutusan Mitra. Pelecehan Seksual Tertinggi Terjadi di Bus

Hollaback! Jakarta: 18 Persen Pelecehan Seksual di Tansportasi Online; Gojek: Sanksi Pemutusan Mitra
tribunnews.com
Ilustrasi-Hollaback! Jakarta: 18 Persen Pelecehan Seksual di Tansportasi Online; Gojek: Sanksi Pemutusan Mitra 

GERAKAN  penghentian pelecehan seksual dI ruang publik, Hollaback! Jakarta mencatat sebanyak 18 persen kasus pelecehan seksual di ruang publik terjadi di transportasi online.

Bentuk pelecehan seksual di ruang publik tersebut bisa berbagai macam, mulai dari pelecehan seksual secara verbal, pelecehan seksual visual, hingga pelecehan seksual secara fisik.

"Paling banyak itu verbal ya, catatan kami 60 persen. Lainnya itu bisa pelecehan fisik sampai visual," tutur Co-Director Hollaback! Jakarta, Anindya Restuviani ketika ditemui di Malang, Kamis (25/7/2019).

Sayang, perempuan yang akrab disapa Vivi itu tidak merinci korban pelecehan seksual itu berasal dari pengguna atau mitra transportasi online.

Keduanya, kata dia, pernah melaporkan menjadi korban pelecehan seksual.

Satu kasus yang Vivi contohkan adalah kisah mitra transportasi online, Gojek, yang diberi bintang satu oleh konsumen lantaran menolak memijat organ intim.

"Kami tidak punya datanya yang menjadi korban itu pengguna atau mitra. Tapi dua-duanya berpotensi menjadi korban," ucap Anindya Restuviani.

Selain transportasi online, pelecehan seksual juga rawan terjadi di bus umum.

Survei Hollaback! Jakarya yang bekerjasama dengan perEMPUan, Lentera Sintas Indonesia, Perkumpulan Lintas Feminis Jakarta (JFDG), dan Change.org Indonesia, menunjukkan paling tinggi sebesar 36 persen pelecehan seksual terjadi di bus.

Lalu disusul 30 persen pelecehan seksual terjadi di angkot,  18 persen pelecehan seksual di transportasi online, 18 persen pelecehan seksual di KRL, dan 6 persen pelecehan seksual terjadi di transportasi konvensional.

Diskusi pencegahan kekerasan seksual yang diselenggarakan Gojek dan bekerja sama dengan Hollaback! Jakarta di Malang, Kamis (25/7/2019).
Hollaback! Jakarta: 18 Persen Pelecehan Seksual di Tansportasi Online; Gojek: Sanksi Pemutusan Mitra. Diskusi pencegahan kekerasan seksual yang diselenggarakan Gojek dan bekerja sama dengan Hollaback! Jakarta di Malang, Kamis (25/7/2019). (TRIBUNMADURA/AMINATUS SOFYA)
Halaman
12
Editor: Mirmo Saptono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved