Breaking News:

Ekspor Impor

Mendag Lobi China, Indonesia Diharap Dominasi Buah Impor

Melansir data Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor manggis ke Tiongkok pada 2018 tercatat sebesar 38,83 ribu ton, tumbuh hingga 324persen

Editor: Ahmad Sabran
Warta Kota/Andika Panduwinata
Produk sarang walet saat dipindahkan dari gudang Badan Karantina Pertanian ke dalam kontainer untuk diekspor ke China. 

Langkah Kementerian Perdagangan untuk meningkatkan ekspor produk buah-buahan ke Tiongkok diapresiasi sejumlah kalangan.

Terlebih, produk hortikultura merupakan salah satu produk unggulan Indonesia. Potensinya pun dinilai besar.

Lobi Mendag Enggartiasto diharap bisa menaikkan kuota impor manggis di China, dan buah lainnya saingi Vietnam dan Thailand.

Menurutnya, Indonesia unggul terutama di produk makanan minuman, tembakau, tekstil, dan juga produk-produk pertanian dan perkebunan, dan tentunya ini menjadi komoditas unggulan.

"Jadi cukup positif kalau kita kemudian bisa menegosiasikan ekspor kita ke sana," kata Ekonom Universitas Indonesia, Fithra Faisal kepada wartawan, Rabu (24/7/2019).

Potensi ekspor ke Tiongkok, tercermin dari membaiknya ekspor manggis ke negara tersebut. Ia pun meyakini ekspor manggis dapat membaik seperti sebelum Negeri Tirai Bambu itu membatasi impor manggis dari Indonesia.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita melakukan serangkaian langkah lobi ke China. Langkah ini diambil untuk mendongkrak ekspor ke salah satu ekonomi terbesar di dunia tersebut.

Komoditas yang diharapkan menjadi pendongkrak neraca perdagangan Indonesia adalah CPO, buah-buahan dan sarang walet.

Enggartiasto mengharapkan dari lobi yang dilakukan, Indonesia bisa meraih setidaknya 1 miliar dolar per tahunnya dari ekspor sarang burung walet. Yang diprioritaskan oleh Menteri Enggar adalah komoditas yang tidak diproduksi Tiongkok.

Melansir data Badan Pusat Statistik (BPS), ekspor manggis ke Tiongkok pada 2018 tercatat sebesar 38,83 ribu ton, tumbuh hingga 324persen dibandingkan ekspor pada 2017 yang hanya mencapai 9,16 ribu ton. Nilai ekspor manggis pada 2018 pun tercatat sebesar Rp474 miliar atau tumbuh 778persen dari nilai ekspor pada 2017 yang sebesar Rp54 miliar.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved