Layanan Umum

Jelang Hari Raya Idul Adha, Anies Minta Dinas KPKP DKI Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban

Hal itu tertuang di Intruksi Gubernur (Ingub) nomor 46 tahun 2019 Tentang Pengendalian Penampungan dan Pemotongan Hewan Dalam Rangka Idul Adha 2019.

Jelang Hari Raya Idul Adha, Anies Minta Dinas KPKP DKI Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban
Warta Kota/Adhy Kelana
ilustrasi. Penjualan hewan qurban. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan instruksikan pada Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Darjamuni, terkait kesehatan hewan kurban.

Adapun kebijakan itu tertuang dalam Intruksi Gubernur (Ingub) nomor 46 tahun 2019 Tentang Pengendalian Penampungan dan Pemotongan Hewan Dalam Rangka Idul Adha 2019/1440 H.

"Melaksanakan supervisi dan koordinasi pengawasan pemeriksaan kesehatan hewan di tempat penampungan sementara hewan kurban dan pemeriksaan kesehatan daging kurban," tulis Ingub yang dikutib Warta Kota, Kamis (25/7/2019).

Selain itu, Dinas KPKP juga diminta untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban sebelum disembelih (antemortem) dan setelah disembelih (postmortem) yang berada di luar Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

Serta menyosialisasikan tata cara dalam memotong hewan kurban sesuai syariat Islam dan kesejahteraan hewan.

Dinas KPKP harus melakukan koordinasi dengan PD Dharma Jaya dalam menyiapkan lokasi RPH Cakung dan RPH Pulogadung untuk kegiatan penampungan, penjualan dan pemotongan hewan kurban.

Adapun Ingub ini ditetapkan Anies sejak 12 Juni 2019 lalu.

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved