Berita Jakarta

Ratusan Wajib Pajak Diberikan Pemahaman Online Sistem di Kantor Walikota Jakarta Barat

"Tahun 2018, realisasi penerimaan pajak hiburan mencapai target yang ditetapkan. Total target penetapan sebanyak 11 jenis pajak daerah di Jakarta Bara

Ratusan Wajib Pajak Diberikan Pemahaman Online Sistem di Kantor Walikota Jakarta Barat
istimewa
Antusiasme WP melihat alat online system yang disediakan Bank DKI 

Sebanyak 300 Wajib Pajak (WP) di Jakarta Barat mengikuti sosialisasi pajak daerah yang digelar di ruang MH Thamrin gedung B kantor Walikota Jakarta Barat, Jalan Raya Kembangan, Rabu (24/7/2019).

Para WP berasal dari berbagai bidang usaha yakni restoran, hotel, dan hiburan.  Mereka diberikan pemahaman terhadap peraturan daerah dalam upaya pencapaian target penerimaan tahun 2019.

Wakil Walikota Jakarta Barat, M Zen mengatakan, pajak daerah adalah sumber utama bagi Pemprov DKI Jakarta mewujudkan kesejahteraan warga baik dalam bentuk bantuan pendidikan, kesehatan, lansia, perbaikan sarana jalan, kebersihan, saluran dan bencana dan program lainnya.

"Namun, semua itu tidak terlepas dari WP dalam rangka pemenuhan kewajiban pajak. Saya menyampaikan terima kasih atas kehadiran WP untuk mengikuti sosialisasi pajak daerah ini," ujar M Zen, Rabu (24/7).

Ia mengungkapkan, kegiatan sosialisasi digelar berkesinambungan agar WP lebih memahami aturan dan kebijakan seputar perpajakan yang diberlakukan oleh Pemprov DKI Jakarta sehingga roda usaha berjalan aman dan lancar.

"Sosialisasi digelar bertujuan meningkatkan pemahaman seputar perpajakan daerah, online sistem dan pelaporan serta penyetoran pajak tepat waktu," ungkapnya

Ia menjelaskan, Kota Jakarta Barat saat ini memiliki sebanyak 2.796 WP yang terdaftar terdiri dai pajak daerah yakni hotel, restoran dan hiburan.

"Mari bersama-sama menjadikan Jakarta Barat yang warganya patuh terhadap pajak. Mudah mudahan melalui kegiatan sosialisasi, target penerimaan pajak tahun 2019 tercapai," jelasnya.

Kepala Bidang Peraturan Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Jakarta, Joko Pujianto memaparkan target penerimaan yang telah ditetapkan selama tahun 2019 yakni pajak hotel sekitar Rp 1,8 triliun, Rrestoran sebesar Rp 3,55 triliun dan hiburan sebesar Rp 900 miliar.

Sedangkan penetapan target penerimaan tiga jenis pajak di Jakarta Barat tahun 2019 yakni hotel sebesar Rp 170,14 miliar, restoran Rp 560,14 miliar dan hiburan sebesar Rp 183,14 miliar.

"Kami berharap melalui sosialisasi ini membawa manfaat bagi WP yang selama ini belum memahami seputar petaruwn pajak daerah dan mekanisme pembayaran melalui online sistem," paparnya.

Sementara Kepala Suku Badan Pajak dan Retrebusi Daerah Jakarta Barat, Hendarto optimis realiaasi penerimaan pajak restoran dan hotel tahun 2019 tercapai sesuai target yang telah ditetapkan.

"Tahun 2018, realisasi penerimaan pajak hiburan mencapai target yang ditetapkan. Total target penetapan sebanyak 11 jenis pajak daerah di Jakarta Barat tahun 2019 sebesar Rp 3,6 triliun," tambahnya.

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved