Berita Video

VIDEO: Kondisi Taman Vertikal di Tugu Tani Tidak Terawat dan Mirip Ilalang

Sedangkan pada bagian sisi lainnya yang mengalami kebocoran pipa, karpet dipenuhi lumut.

VIDEO: Kondisi Taman Vertikal di Tugu Tani Tidak Terawat dan Mirip Ilalang
Warta Kota
Kondisi Taman Vertikal Tugu Tani di Jalan Menteng Raya, Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa (23/7/2019). 

Belum begitu lama, terhitung sejak direvitalisasi pada bulan Februari 2019 lalu, kondisi Taman Vertikal Tugu Tani, Menteng, Jakarta Pusat kini mulai rusak. Tanaman hias yang ditanam secara vertikal itu terlihat mirip alang-alang tidak terawat.

Buruknya kondisi taman berkonsep green city peninggalan Joko Widodo kala menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2013 itu terlihat pada Selasa (23/7/2019). Sebagian besar tanaman terlihat mengering mati, sebagian lainnya justru terlihat tumbuh lebat.

Matinya sebagian tanaman itu terlihat karena sistem pengairan yang tidak terpasang sempurna.

Padahal diketahui, pengairan taman vertikal mengandalkan sistem pengairan bersusun yang dipompa dari lapisan tanaman atas hingga ke bawah.

Akibat tidak sempurnanya sistem irigasi, sebagian karpet yang menjadi media tanam mengering dan kusam.

Sedangkan pada bagian sisi lainnya yang mengalami kebocoran pipa, karpet dipenuhi lumut.

Taman yang senyatanya menutupi jejeran ruko di sepanjang Jalan Menteng Raya, tepatnya dari simpang Jalan Menteng hingga Simpang Tugu Tani itu tidak lagi indah dipandang. Bahkan sebagian warga menilai Taman Vertikal Tugu Tani itu justru menambah kusam Ibukota.

Seperti yang disampaikan oleh Toro (52) pegawai Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia yang tengah berteduh berbelanja di salah satu ruko.

Menurutnya, taman yang menjadi pelindung itu membuat pemandangan kawasan Tugu Tani yang indah menjadi tidak sedap dipandang.

VIDEO: Penyanyi Dangdut Keliling Nyambi Jualan Sabu Diciduk Polsek Koja

Terlebih, kawasan Tugu Tani menurutnya merupakan salah satu ikon Jakarta yang seharusnya mendapatkan perhatian khusus oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Sayang sebenarnya kalau kondisinya kayak begini (tidak terawat), ini kan cakep, lokasinya juga strategis. Harusnya cepet-cepet dibenerin pengairannya ini, supaya nggak merembet (rusak)," ungkapnya ditemui pada Selasa (23/7/2019).

VIDEO: KPAI Tegaskan Anak Nunung Srimulat Tidak Dibully di Sekolah

Serupa dengan Toro, Suryadi (49) pemilik warung kelontong di sekitar lokasi menyebut taman tersebut harus segera diperbaiki. Mengingat penataan jalur pedesterian tengah dilakukan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat pada saat ini.

"Kalau bisa secepatnya dibenerin, soalnya kan trotoar di Cikini lagi dibangun, masa iya kalau di sana sudah cakep, di sini justru jelek, apalagi ini kan jaraknya deket. Masa sih kayak alang-alang gitu," celotehnya. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved