Standar Rumah Sakit

Kemenkes Rekomendasikan Puluhan Rumah Sakit Turun Kelas, Gubernur Banten Siapkan Surat Keberatan

Kemenkes Rekomendasikan Puluhan Rumah Sakit Turun Kelas, Gubernur Banten Layangkan Surat Keberatan. Pemerintah daerah dan rumah sakit kompak menolak.

Kemenkes Rekomendasikan Puluhan Rumah Sakit Turun Kelas, Gubernur Banten Siapkan Surat Keberatan
Wartakotalive/Andika Panduwinata
Gubernur Banten Wahidin Halim 

Gubernur Banten, Wahidin Halim protes dan bertanya-tanya dengan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang menurunkan kelas 21 rumah sakit (RS) di Provinsi Banten.

Menurut WH, sapaan Wahidin, rekomendasi penurunan kelas RS yang dikeluarkan Kemenkes itu dinilai kontraproduktif dengan program yang dijalankan pemerintah daerah.

"Itu yang kita protes, kalau kita melihat kebijakan ini kontraproduktif, ketika pemerintah daerah sedang mengembangkan, meningkatkan kualitas rumah sakit pelayanan. Ini menjadi ironi,” ujar WH kepada media, Selasa (23/7/2019).

Atas rekomendasi itu, WH akan mengirimkan surat keberatan. Pemprov juga akan membawa sejumlah data pendukung dalam penyampaian keberatan khususnya untuk RSUD Banten.

“Saya tugaskan sekda (sekretaris daerah) melakukan koordinasi, membuat proposal rumah sakit provinsi. Fasilitas sudah punya, dokter spesialis sudah punya,” ujarnya.

Kebijakan tersebut diberikan berdasarkan review layanan BPJS yang berdampak pada penyesuaian tipe RS.

Rekomendasi tersebut tertuang dalam surat nomor HK.04.01/I/2963/2019 yang ditujukan kepada gubernur, wali kota, bupati tertanggal 15 Juli.

Seluruh RS Kompak Menolak

Menanggapi hal tersebut, sejumlah RS yang direkomendasikan turun tipe kompak menyatakan keberatannya dalam sebuah pertemuan di RS Siloam Hospital Lippo Village, Senin (22/7/2019).

Mereka meyakini tipe yang telah dimilikinya sudah memenuhi standar kelas pelayanan dan dapat dibuktikan dengan data pendukung.

Selain RSUD Banten, sejumlah RS yang direkomendasikan turun ke tipe D di antaranya berada di Kota Tangerang Selatan, yaitu RSUD Tangerang Selatan, RS Insan Permatan, dan Rumah Indonesia Sehat.

Terdapat juga RSIA Vitalaya di Tangerang Selatan yang direkomendasikan tetap di tipe C namun mendapat catatan khusus dari Kemenkes.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Tangerang Selatan akan mengajukan keberatan atas rekomendasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menurunkan kelas tiga rumah sakit di Tangerang Selatan.

Menurut Kepala Dinkes Tangerang Selatan, Deden Deni rumah sakit di wilayahnya diyakini sudah memenuhi standar sesuai dengan tipe yang tercatat saat ini.

"Tahapan keberatan itu yang akan kami tempuh tentu, kami sudah siap dengan SDM (Sumber Daya Manusia) dan Aspak (aplikasi sarana dan prasarana alat kesehatan), saya yakin kami sudah sesuai standar kelas C mungkin ada keterlambatan pelaporan," kata Deden, Kamis (18/7/2019).

Penulis: Zaki Ari Setiawan
Editor: Mirmo Saptono
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved