Breaking News:

Banyak Hewan Peliharaan Terjebak, Permintaan Evakuasi ke Pemadam Kebakaran Meningkat

Permintaan bantuan evakuasi binatang piaraan meningkat karena banyak warga baru mengetahui petugas pemadam kebakaran memiliki kemampuan evakuasi.

Penulis: Rangga Baskoro | Editor: Max Agung Pribadi
(Facebook/Shravan Krishnan)
Ilustrasi. Relawan dan tim penyelamat hewan melakukan evakuasi terhadap hewan peliharaan yang terjebak di rumah akibat banjir terburuk dalam satu abad terakhir di negara bagian Kerala, India. 

Dalam tugasnya personel Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) Jakarta Timur juga diwajibkan melakukan penyelamatan kepada hewan-hewan yang terjebak.

Kasi Ops Sudin PKP Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatakan permintaan evakuasi hewan meningkat karena banyak warga baru mengetahui pemadam memiliki kemampuan evakuasi.

"Permintaan evakuasi hewan sekarang meningkat. Setelah mereka tahu pemadam dapat mengevakuasi hewan, warga lantas melapor. Jadi sebelumnya kebanyakan warga belum tahu," kata Gatot di Matraman, Jakarta Timur, Selasa (23/7/2019).

Khawatir Tinggalkan Mudik Hewan Peliharaan? Titipkan Saja di Ragunan Cuma 50 Ribu Per Hari

Sebelum warga tahu pemadam dapat mengevakuasi hewan, Gatot menyebut warga kerap kebingungan untuk menyelamatkan hewan-hewan yang terjebak.

Terlebih bila hewan tersebut tergolong hewan liar yang dapat membahayakan, seperti ular, biawak, dan sarang tawon.

"Sekarang ini apa pun permintaan pertolongan dari masyarakat, pemadam langsung tindak lanjut. Sesuai arahan bapak Gubernur dan Kepala Dinas kami," ujarnya.

Simak Tips Hindari Rabies pada Hewan Peliharaan

Lantaran baru beberapa waktu terakhir permintaan evakuasi meningkat, untuk sekarang Gatot belum dapat memastikan berapa lonjakan permintaan evakuasi.

Dari semua permintaan evakuasi hewan, evakuasi sarang Tawon Ndas yang sengatannya dalam jumlah banyak dapat merenggut nyawa jadi paling banyak.

"Belum dapat dipresentasikan. Sekarang setiap hari untuk sarwon bisa mencapai 2-4 evakuasi lokasi di wilayah Jakarta Timur," tuturnya.

Lantaran Derasnya Arus, Mobil yang Tercebur ke Kali di Pamulang Batal Dievakuasi

Selain hewan yang berpotensi mengganggu warga, personel Sudin PKP Jakarta Timur acap kali menerima permintaan evakuasi kucing.

Yang teranyar permintaan evakuasi kucing terjebak di paralon Jalan Pemuda Raya Kelurahan Rawamangun pada Minggu (21/7/2019) sekira pukul 19.41 WIB.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved