Artis Tersangkut Narkoba

Ajukan Rehabilitasi, Nunung Srimulat Tetap Harus Menjalani Proses Hukum Kasus Narkoba

"Kalau yang bersangkutan tidak terlibat jaringan bukan sebagai pengedar, bandar, maka dia diberikan perawatan berupa rehabilitasi dan terapi."

Ajukan Rehabilitasi, Nunung Srimulat Tetap Harus Menjalani Proses Hukum Kasus Narkoba
Warta Kota/Arie Puji Waluyo
Nunung Srimulat saat gelar perkara di Polda Metro Jaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (22/7/2019). 

Komedian  Nunung bersama suaminya July Jan Sambiran terjerat kasus penyalahgunaan narkoba.

Meskipun telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya, mereka dikabarkan akan mengajukan permintaan rehabilitasi narkoba.

Deputi Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional (BNN) Irjen Arman Depari mengatakan, meskipun mengajukan rehabilitasi bagi pelaku narkotika tak akan menggugurkan status tersangka dan proses hukum.

"Setiap orang punya hak untuk rehabilitasi, namun hak rehabilitasi ini tidak kemudian menghilangkan tindak pidana yang terjadi," kata Arman di kantor BNN, Cawang, Jakarta Timur, Selasa (23/7/2019).

Seandainya permohonan rehabilitasi Nunung dan suaminya disetujui oleh  kepolisian, maka proses penyelidikan terhadap Nunung akan terus bergulir.

Dari proses assessment, Arman menuturkan bahwa  dapat mengetahui tingkat ketergantungan, jenis narkoba yang dikonsumsi, dan keterlibatan tersangka dalam peredaran narkoba.

"Artinya, sekalipun dia tersangka. Maka ketika dia melakukan atau mengalami pemeriksaan di hadapan penyidik. Bersamaan dengan itu, dia dilakukan pemeriksaan atau assessment terpadu," ujarnya.

BNN Belum Terima Permintaan Untuk Assessment Narkoba Nunung Srimulat

Bagi penyidik, Arman mengatakan, hasil assessment berguna untuk menetapkan bagaimana proses hukum yang menjerat Nunung nantinya bergulir.

Perihal rentang waktu yang dibutuhkan untuk rehabilitasi, tergantung dari pelaku narkoba dan ditentukan oleh doketer dan konsultan kesehatan yang menanganinya.

"Kalau yang bersangkutan tidak terlibat jaringan bukan sebagai pengedar, bandar, maka dia diberikan perawatan berupa rehabilitasi dan terapi," ucapnya.

Halaman
123
Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved