Berita Video

VIDEO: Penjelasan Mahasiswa ITS yang Punya Skripsi Paling Tebal, Sampai 3000 Lembar

"Fokusnya mulai tanggal 29 Juni sampai tanggal 5 juli, bener-bener yang bisa mengerjakan itu tujuh hari sebelum lebaran saya kerjakan,"

VIDEO: Penjelasan Mahasiswa ITS yang Punya Skripsi Paling Tebal, Sampai 3000 Lembar
Tribun Jatim
Skripsi Mahasiswa ITS setebal 3000 halaman 

Muharom Gani Irwanda, mahasiswa Departemen Teknik Infrastruktur Sipil ITS menyusun Tugas Akhir (TA) hingga setebal 3.045 halaman.

Bahkan, mahasiswa yang akrab disapa Gani itu mengaku menyelesaikan empat bab hingga lampiran tidak lebih dari satu bulan.

"Fokusnya mulai tanggal 29 Juni sampai tanggal 5 juli, bener-bener yang bisa mengerjakan itu tujuh hari sebelum lebaran saya kerjakan," kata Gani di Perpustakaan ITS, Kamis (18/7/2019).

VIDEO: Tarzan dan Tessy Mau Besuk Nunung di Polda Metro Jaya Tapi Tidak Bisa

Selama ini Gani mengerjakan seluruh bagian TA di program Microsoft Excel. Dirinya juga tidak menyangka jika TA yang dikerjakan mencapai tiga ribu halaman.

Jika biasanya ketebalan TA ada pada lampiran, beda dengan mahasiswa yang fokus pada managemen kontruksi ini.

VIDEO: Michelle Ziudith Girang Dapat Gundam Edisi Terbatas

Gani mengerjakan bab satu hingga tiga mencapai 152 halaman.

Selanjutnya bab empat sampai delapan, dari halaman 153 hingga halaman 2.893.

"Lampirannya hanya sisanya dari halaman 2.893, Pembahasan ini tebal karena gedung yang saya teliti ini memperhatikan aspek biaya maka pengukuran seoptimal mungkin," kata Gani kepada Tribunjatim.com.

VIDEO: Dibongkar Polisi, Nunung Srimulat Sudah 20 Tahun Pakai Narkoba

Pengerjaaan tersebut dirasanya sebagai tantangan tersendiri sebab gedung yang ia teliti adalah Apartemen Denver di Kawasan Citraland Surabaya.

"Gedungnya ada 37 lantai tetapi saya mengerjakan 11 lantai masing-masing dirincikan hitungannya. Ada enam perbedaan ukuran balok dan besi yang digunakan," pungkas dia.(dim/Tribunjatim.com)

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Bahas Metode Kontruksi, Mahasiswa ITS Susun Tugas Akhir Tiga Ribu Lembar Hanya 3 Minggu, Penulis: Nur Ika Anisa
Editor: Yoni Iskandar

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved