Berita Video

VIDEO: Kolong Tol Meruya Utara Dihias Bergaya Betawi, Jadi Lokasi Selfie Warga

Di lahan kosong dengan luas kurang lebih 15 meter tersebut kini telah berubah menjadi lebih cantik dibandingkan sebelumnya hanya ditumbuhi tanaman

VIDEO: Kolong Tol Meruya Utara Dihias Bergaya Betawi, Jadi Lokasi Selfie Warga
Warta Kota/Joko Supriyanto
Kondisi Taman Betawi di kolong tol Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat melakukan penataan serta manfaatkan lahan di kolong tol di beberapa titik di Jakarta Barat. Salah satunya yaitu kolong tol Meruya Utara.

Di lahan kosong dengan luas kurang lebih 15 meter tersebut kini telah berubah menjadi lebih cantik dibandingkan sebelumnya hanya ditumbuhi tanaman tanpa ada pemanfaatan lahan.

Lokasi itu kini dihias dengan seni mural bertema Betawi. Tak hanya itu beragam lukisan simbol Betawi seperti Monas, ondel-ondel, delman, tarian Betawi, dan panjat pinang terpampang di sisi kanan.

VIDEO: Saat July Jan Ulangtahun, Ia Minta Kado Nunung Berhenti Pakai Sabu

Sedangkan di sisi kiri dibuat lukisan ikan cupang serit dan bunga anggrek yang menjadi logo Pemkot Jakarta Barat. Ada juga lukisan pepohonan di bagian bawahnya.

Tepat di tengah-tengah lukisan tersebut dibangun pos penjagaan berkonsep rumah khas Betawi berwarna kuning dan hijau, lengkap dengan pagar kayu berwarna senada. Di pos itu juga tersedia kursi kayu khas Betawi.

Selain itu di bagian luar juga ditanami beberapa tanaman hias yang membuat suasana semakin tertata rapi, di lokasi itu juga terdapat sekitar lampu tembak berwarna yang biasanya menerangi pada malam hari.

Rosmawati (35) salah seorang pedagang yang berjualan di lokasi itu mengatakan pembangunan taman tersebut sudah dilakukan sejak 6 bulan lalu. Namun baru difungsikan pada 2 minggu belakangan ini.

"Kalau pembangunan udah lama. Kalau selesainya baru dua mingguan ini lah," kata Rosmawati, Senin (22/7/2019).

Menurut Rosmawati, kehadiran taman ini memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar, pasalnya sebelum lokasi itu di sulap menjadi taman, kerap kali dijadikan tempat para pedagang untuk berjualan, bahkan ada beberapa barang bekas yang diletakkan di lahan itu.

"Dulu parah, jadi tempat pedagang, kalo kayak gini jadi lebih rapi. Jadi ngak semrawut," katanya.

Sementara itu salah seorang pengendara, Wahyu mengatakan lokasi taman ini menjadi lokasi baru bagi para warga untul berfoto.

Pasalnya jika malam hari, suasana di kolong tol ini sangat cantik berbeda sebelumnya yang gelap tanpa ada penerangan.

Kondisi Taman Betawi di kolong tol Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat.
Kondisi Taman Betawi di kolong tol Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat. (Warta Kota/Joko Supriyanto)

"Wah ini kalau malam ramai mas. Banyak yang foto-foto. Berbeda banget kayak dulu. Dulu sepi, gelap, bagus lah dari pada ada lahan kosong jadi tempat pemulung mending ditata begini," katanya.

Dengan adanya Taman Betawi ini dirinya berharap semua pihak menjaga taman tersebut agar tak dirusak oleh pihak tak bertanggungjawab.

"Semoga taman ini enggak cuma sesaat aja bagusnya. Kita tahu kan di Indonesia ini kadang ada orang-orang iseng yang enggak tanggung jawab malah merusak. Makanya harus saling kita jaga," ucapnya.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved