Pencurian

Melawan Petugas, Gerombolan Pencuri Modus Congkel Mobil Diterjang Timah Panas

Sedikitnya tiga orang pria masing-masing MS, SFD, HDR, ditangkap jajaran Polsek Kelapa Gading, Rabu (17/7).

Melawan Petugas, Gerombolan Pencuri Modus Congkel Mobil Diterjang Timah Panas
Wartakotalive.com/Junianto Hamonangan
Konferensi pers ungkap kasus di Mapolsek Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (22/7). 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Junianto Hamonangan

KELAPA GADING, WARTAKOTALIVE.COM -- Sedikitnya tiga orang pria masing-masing MS, SFD, HDR, ditangkap jajaran Polsek Kelapa Gading, Rabu (17/7).

Ketiganya adalah pelaku pencurian dengan modus congkel mobil yang terakhir kali beraksi di area parkir Mal Cipinang, Jakarta Timur.

Kapolsek Kelapa Gading, Kompol Jerrold Kumontoy mengatakan dalam menjalankan aksinya, para pelaku hanya mengincar barang berharga yang berada di dalam mobil sasaran.

Pengungkapan itu bermulai dari adanya laporan oleh seorang korban bernama Sofyan pada 9 Juli 2019 lalu. Ketika itu mobil korban dicongkel dan barang berharga seperti laptop di dalam mobil dibawa kabur.

“Dari laporan itu, kami kemudian melakukan penelusuran. Sehari sebelum penangkapan, para pelaku diketahui menjalankan aksinya di sekitaran Rawamangun,” katanya, Senin (22/7).

Menurut Jerrold, pihaknya sempat kesulitan menangkap para pelaku lantaran saat menjalankan aksinya, mereka menggunakan mobil yang pelat nomornya diubah-ubah.

“Satu hari sebelumnya tersangka di wilayah Mall Arion. Setiap dia masuk mall dia mengganti plat nomor, jadi kita agak susah,” kata Jerrold.

Polisi lalu mengikuti mobil yang dipakai para pelaku saat beraksi. Hasilnya pada 17 Juli 2019, para pelaku yang hendak menjalankan aksinya di Mal Cipinang ditangkap.

Namun pada saat penangkapan, para pelaku sempat berupaya melakukan perlawanan ketika hendak ditangkap. Alhasil, Polisi melumpuhkan kaki para pelaku dengan timah panas.

“Karena para tersangka melakukan perlawanan akhirnya kita lakukan tindakan tegas terukur,” kata Jerrold.

Adapun barang bukti yang diamankan yakni mobil Toyota Avanza bernopol B 1550 COS, satu buah kunci leter T yang digunakan untuk mencongkel mobil, satu buah senter kecil, dan satu pasang pelat nomor kendaraan.

Ketiga pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dimana ancaman hukumannya 7 tahun penjara. Adapun satu pelaku lainnya, MFD, masih dalam pengejaran. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Andy Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved