Korban Penjambretan Tas di Bekasi Hingga Jatuh Tersungkur Sempat Menderita Trauma

Aksi kejahatan itu juga jadi viral, pasalnya sebuah rekaman kamera pengawas atau CCTV yang merekam aksi kejahatan jalanan.

Korban Penjambretan Tas di Bekasi Hingga Jatuh Tersungkur Sempat Menderita Trauma
Warta Kota/Muhammad Azzam
Dua pelaku jambret di Perumahan Graha Indah, Jatimekar, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi berhasil ditangkap Polsek Jatiasih, Senin (22/7/2019). 

Lies Mariah (67), korban penjambretan di Perumahan Graha Indah, Jatimekar, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi sempat mengalami trauma.

Pasalnya, akibat kejadian itu, Lies terjatuh dan tersungkur ke tanah usai berusaha mempertahankan tasnya yang dipegangnya.

Warta Kota beberapa mencoba menyambangi rumah yang tak jauh dari lokasi kejadian.

Akan tetapi, enggan ditemui.

"Iya, dari kemarin-kemarin ibu trauma akibat kejadian itu. Enggak mau keluar rumah engga mau ketemu orang asing," Eti adik korban, saat ditemui Warta Kota, Senin (22/7/2019).

Barbie Kumalasari Ungkap Kekecewaan setelah Dia Dituding Pablo Benua dan Rey Utami sebagai Dalang

Pemerintah Harus Hentikan Penjualan Kartu Perdana Arab di Indonesia karena Merugikan Jamaah Haji

Polisi Mencokok Dua Pria Mabuk yang Mencuri Ponsel Seorang Sopir Truk yang Tengah Bongkar Muat

Akan tetapi, kondisinya saat ini berangsur mulai membaik.

"Sekarang, sudah normal sudah membaik. Luka ringan ditangannya juga sudah sembuh. Sekarang ibu lagi diajak jalan-jalan keluar sama anaknya," ungkapnya.

Eti juga bersyukur pelaku penjambretan telah ditangkap pihak kepolisian.

"Sudah beres, polisi sudah beberapa kali mintai keterangan. Alhamdulillah pelaku sudah ditangkap," ujar Eti.

Sementara, warga sekitar Hilda juga mengaku lega atas informasi penangkapan pelaku. Pasalnya, itu bisa membuat jera pelaku kejahatan yang hendak melakukan aksinya di lingkungan perumahannya.

"Lega, sudah ditangkap pelakunya, memang penting sekali CCTV ini. Ini juga jadi bahan evaluasi warga dan juga pengurus agar kejadian ini tak terulang," katanya.

Sebelumnya, Polsek Jatiasih menangkap dua pelaku jambret di Perumahan Graha Indah, Jatimekar, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi.

Kedua pelaku itu ditangkap di Apartemen Center Poin Tower D, pada Sabtu (19/7/2019).

Kedua pelaku itu bernama Fadiel Dhimas Hakiki Kurniawan (18) dan Agato Kaudin (18).

Aksi penjambretan itu viral di media sosial. Pelaku menarik tas seorang ibu-ibu yang sedang berjalan hingga jatuh tersungkur mengenai aspal.

Pelaku ternyata telah menjalankan aksinya sebanyak lima kali diberbagai wilayah di Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi maupun Kabupaten Bogor.

"Berdasarkan pengakuannya pelaku telah lakukan aksinya sebanyak lima kali. Diberbagai daerah, baik di Bekasi maupun di luar Bekasi," kata Kapolsek Jatiasih, Kompol Illi Anas di Mapolsek Jatiasih, Senin (22/7/2019).

Illi menuturkan pelaku mengincar korban secara acak saat berada di jalan sepi. 

"Pelaku incar korban yang bawa tas maupun main HP dipinggir jalan. Pelaku jalankan aksinya berdua, Fadil sebagai joki satu lagi eksekutor," ucapnya.

Illi menjelaskan indentitas pelaku terungkap dari rekaman kamera CCTV dilingkungan perumahan yang menangkap jelas wajah pelaku.

"Saat beraksi, plat nomor sepeda motor pelaku bagian depan dan belakang tidak dipasang, tapi kita bisa ungkap dari wajah pelaku yang terekam CCTV."

"Ada sejumlah warga yang mengenali wajah pelaku," ucapnya.

Setelah ditelusuri, ternyata kedua pelaku ini sering berada di Apartemen Center Point. Sehingga dilakukan penangkap dilokasi tersebut.

"Pelaku ditangkap di halaman parkir apartemen bersama barang bukti kendaraan yang digunakan dalam menjalankan aksinya," katanya.

Barang korban tidak berhasil dibawa pelaku, dikarenakan korban berusaha mempertahankan tasnya.

Adapun kronologis penjambretan itu, ketika korban bernama Lies Mariah (67), usai pulang pengajian tiba-tiba dihampiri kedua pelaku yang menggunakan sepada motor.

Pelaku langsung menarik tas ibu-ibu, akan tetapi ibu tersebut berusaha mempertahankan sehingga terjadi tarik menarik hingga terjatuh.

"Pelaku tidak berhasil bawa tas ibu itu. Akan tetapi ibu itu alami luka memar bagian tangan kiri dan lecet dijari kelilingking tangan kiri," ucapnya.

Ada pun tas korban berisikan Al Quran, BPJS, KTP, ATM, uang tunai Rp 80 ribu.

"Payung yang digunakan korban itu patah usai jatuh tersungkur ke aspal jalanan karena berusaha mempertahankan tasnya," paparnya.

Barang sejumlah barang yang dijadikan barang bukti yakni hasil visum korban, satu unit sepeda motor yang digunakan pelaku, tas korban, payung korban, satu buah flasdisk berisi rekaman aksi kejahatan pelaku dan uang Rp 80.000.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 365 Tentang Pencurian dengan Kekerasan subsider 363 junto 53 KUHP dengan ancaman hukuman minimal 9 tahun dan maksimal 12 tahun penjara.

Sebelumnya, seorang ibu-ibu menjadi korban aksi kejahatan jalanan jambret. 

Korban diketahui bernama Lies Mariah (67) bahkan hingga jatuh tersungkur ke aspal jalanan karena berusaha mempertahankan tasnya.

Aksi penjambretan tas ibu-ibu itu terjadi di Perumahan Graha Indah, Jalan Malabar, RT 01 RW 13, Kelurahan Jatimekar, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, pada Rabu (17/7/2019) sekitar pukul 13.00 WIB.

Ketua RT setempat, Sunardi mengatakan saat kejadian korban usai pulang pengajian dan kondisi jalan sedang sepi.

"Jalan memang lagi sepi, warga pada ada didalam rumah. Sadarnya ketika dengar suara orang jatuh sama teriakan saja," ujar Sunardi, saat ditemui, Jumat (18/7/2019).

Sunardi menuturkan usai kejadian korban langsung melapor RT untuk melihat rekaman CCTV.

"Kita punya tiga titik rekaman CCTV, kalau dilihat si bukan orang sini. Wajahnya juga kurang jelas sama plat nomornya. Rekaman CCTV sudah kita kasih ke polisi," katanya.

Sementara, Awan, warga sekitar mengatakan sempat kaget mendengar teriakan korban.

Ia langsung bergegas menolongnya bersama warga lain.

"Iya, kita kaget, ini ada apa. Langsung tolongin sama warga lain. Tidak ada barang yang hilang, tapi tangan sikutnya lecet berdarah," katanya.

Aksi kejahatan itu juga jadi viral, pasalnya sebuah rekaman kamera pengawas atau CCTV yang merekam aksi kejahatan jalanan jambret.

Dalam video itu terlihat, pelaku jabret yang berjumlah dua orang menggunakan sepeda motor langsung medekat ke arah ibu-ibu yang tengah berjalan membawa tas.

Tiba-tiba kedua pelaku jambret itu langsung menarik tas ibu-ibu tersebut.

Akan tetapi, tidak berhasil dibawa kabur dikarenakan ibu itu berusaha mempertahankannya.

Akibatnya, ibu itu jatuh tersungkur ke aspal jalanan

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved