Kesehatan

Begini Cara Mengenali Susu Murni Layak Minum

Meminum susu sapi murni banyak manfaatnya, karena susu tersebut kaya akan kalsium, fosfor, dan mineral lainnya sehingga dapat memperkuat tulang.

Begini Cara Mengenali Susu Murni Layak Minum
ell.h-cdn.co
Ilustrasi minum susu. 

PALMERAH, WARTAKOTALIVE.COM - Membiasakan minum susu sapi murni banyak manfaatnya, karena susu tersebut kaya akan kalsium, fosfor, dan mineral lainnya sehingga dapat memperkuat tulang.

Selain itu minum susu sapi murni dapat menjaga kondisi otot, mengendalikan berat badan, dan mengurangi risiko sindrom metabolik.

Namun, bagaimana bila susu sapi murni itu tidak layak dikonsumsi tubuh dan justru dapat membahayakan kesehatan lantatan susu tersebut banyak mengandung gula.

Kandungan gulanya yang tinggi mencapai 50 persen dan justru berbanding terbalik dengan kandungan gizi.

Tentunya bila dikonsumsi anak-anak dapat memicu terjadinya obesitas. Risiko tertingginya adalah terjadinya diabetes.

Kepala Dinas Kesehatan NTB, dr Nurhandini Eka Dewi, menjelaskan, untuk mengetahui susu sapi murni itu bermanfaat bagi kesehatan tubuh, maka hal pertama yang harus diketahui masyarakat adalah susu sapi murni itu rasanya tidak manis.

"Sejatinya, susu asli atau susu murni rasanya tidak manis sama sekali. Secara tidak langsung, minum susu kental manis, gulanya banyak, anak akhirnya tidak suka dengan susu asli. Yang namanya susu itu tidak manis, anak-anak yang sudah terlanjur, maka tidak akan suka dengan susu yang benar," kata dr Nurhandini di Jakarta, Senin (22/7/2019).

dr Nurhandini menambahkan bahwa dikutip dari Kelompok Studi Profesi Ternak Perah (KSPTP), maka karakteristik susu asli dapat dilihat dari rasa, tekstur, warna, aroma dan kebersihannya.

1. Rasa
Susu murni yang baik tidak terasa manis bahkan memiliki rasa sedikit asin atau creamy. Walaupun sudah dicampur dengan perasa lain seperti pemanis, biasanya rasa asin tetap terasa.

2. Tekstur
Tekstur yang dimiliki susu murni seharusnya tidak menggumpal walaupun sedikit kental. Jika susu sebelum diminum memiliki gumpalan atau bulir-bulir, susu tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

3. Warna
Susu murni seharusnya berwarna putih. Namun, jika setelah dicampur dengan air, warnanya berubah menjadi agak kebiruan jangan khawatir karena secara kimiawi berarti susu murni tersebut berkualitas baik.

4.Aroma
Bau yang dimiliki susu murni yang baik adalah aroma creamy yang khas. Maka ketika bau sudah sedikit masam lebih baik jangan dikonsumsi karena menandakan susu tersebut sudah tidak layak.

5. Kebersihan
Walaupun belum dicampur bahan kimiawi, susu murni harus tetap bersih. Pastikan ketika membelinya sudah tidak terdapat kotoran fisik seperti darah atau bulu. (DOD)

Penulis: Dody Hasanuddin
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved