Lingkungan Hidup

Awal Agustus, Anies Janji Sosialisasikan Aturan Larangan Penggunaan Plastik Di Jakarta

Pemprov DKI akan memberlakukan larangan penggunaan plastik dan tanggung jawab produsen terhadap produksi plastiknya dalam waktu dekat.

Awal Agustus, Anies Janji Sosialisasikan Aturan Larangan Penggunaan Plastik Di Jakarta
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Pramuniaga memasukkan barang yang telah dibeli konsumen ke dalam kantong plastik di salah satu Supermarket di kawasan Jakarta. 

Gubernur DKI Anies Baswedan mengatakan, proses penyusunan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang Larangan Penggunaan Plastik di Jakarta memasuki fase akhir. 

Anies menargetkan, awal bulan Agustus nanti, Pemprov DKI bakal menyosialisasikan aturan itu kepada publik.

"Roadmap itu sudah hampir selesai. Kalau bicara target, mudah-mudahan awal Agustus, itu semua sudah tuntas," ujar Anies di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Menteng, Senin (22/7/2019).

Aturan tentang Larangan Penggunaan Plastik itu sudah dibahas sejak 2018.

Namun, Pemprov DKI belum juga mengeluarkan peraturan itu.

Anies mengatakan, lamanya penyusunan peraturan ini karena Pergub itu tak hanya mengatur penggunaan plastik saja, tetapi juga terkait pengelolaan.

"Saat ini sudah pada fase final. Kita ini menempatkan persoalan sampah plastik sebagai bagian dari roadmap lengkap pengelolaan sampah di Jakarta. Jadi bukan soal plastiknya saja tapi keseluruhan pengelolaan sampahnya juga," ujar Anies.

Anies menjanjikan, Pergub tentang Larangan Penggunaan Plastik itu akan bersifat menyeluruh terkait pengelolaan sampah plastik di Ibu Kota.

"Jadi, tidak hanya spesifik sekadar jenis sampah tertentu, tapi keseluruhan. Nah, itu sebabnya perlu waktu lebih lama. Insya Allah tidak lama lagi akan tuntas," ujarnya.

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Ika Chandra Viyatakarti
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved