Berita Jakarta

Anies: Masa Depan Pencari Suaka Asal Timur Tengah Bukan Tanggung Jawab Pemprov DKI

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan menegaskan, nasib ribuan WNA asal Timur Tengah bukan merupakan tanggung jawab Pemprov DKI Jakarta.

Anies: Masa Depan Pencari Suaka Asal Timur Tengah Bukan Tanggung Jawab Pemprov DKI
Wartakotalive.com/Nur Ichsan
Para pencari suaka politik yang terlunta-lunta ditampung sementara di sebuah gedung kosong di kawasan perumahan Daan Mogot Baru, Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (13/7/2019). 

Nasib ribuan Warga Negara Asing (WNA) asal Timur Tengah masih terlunta-lunta di penampungan pengungsian dan belum ada kejelasan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menegaskan, para pencari suaka itu bukan merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Sebab diungkapkannya, kewenangan dalam menentukan masa depan para pencari Suaka tersebut berada di tangan pemerintah pusat.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, kata Anies, hanya sebatas memberikan fasilitas sementara selama mereka tinggal di Ibu Kota.

"Kami di Jakarta, memfasilitasi imigran dalam konteks kemanusiaan, secara kewenangan kami sesungguhnya tidak memiliki kewenangan," kata Anies.

Ditakut-Takuti Oknum, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi: Sudah Habis Takut Saya

SIMAK! Kisah Wanita Tunasusila Berusia 50 Tahun Tawarkan Jasa Esek-Esek Murah Jadi Langganan Pelajar

Hotman Paris Ingatkan Satu Lagi Orang Akan Susul Galih, Pablo Benua & Rey Utami ke Penjara

TERUNGKAP Kopassus Muda Ini Pernah Dimarahi Sarwo Edhie saat Tumpas PKI, Ini Gara-garanya

Tetapi karena kenyataannya mereka berada di wilayah kami, kata Anies, maka DKI membantu sebatas aspek kemanusiaanya.

"Sementara jangka panjangnya bukan kewenangan kita," ungkap Anies kepada wartawan usai meninjau pelaksanaan Lebaran Betawi di angan Silang Barat Daya Monas, Gambir, Jakarta Pusat pada Minggu (21/7/2019).

Fasilitas yang diberikan sementara itu, kata Anies, atas nama kemanusiaan.

Sehingga kebutuhan dasar para pencari suaka, mulai dari kebutuhan air minum, makan dan rumah tinggal sementara diberikan hingga pemerintah pusat menetapkan keputusan.

"Bagian kami adalah ikut memastikan bahwa siapa saja yang ada di DKI ini terfasilitasi kebutuhan dasarnya, ada kebutuhan air, kebutuhan makanan keseharian kita bantu di situ," jelasnya.

Halaman
123
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved