BERITA VIDEO

VIDEO : Misa Requiem Pelepasan Arswendo Atmowiloto

Sebelum dimakamkan di San Diego Hills, Misa Requiem digelar melepas jenazah Arswendo Atmowiloto di Gereja Santo Matius Penginjil.

Setelah disemayamkan di rumah duka, Komplek Kompas, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, jenazah Arswendo Atmowiloto akan dimakamkan di San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (20/7/2019).

Sebelum dimakamkan di San Diego Hills, dilaksanakan misa requiem atau upacara pelepasan jenazah penulis fiksi dan wartawan ini di Santo Matius Penginjil, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Pantauan Warta Kota, Tepat pukul 10.00 WIB, misa pelepasan yang dipimpin oleh Romo Gerpasous S Rantetana SX dimulai diiikuti ratusan jemaah memenuhi gereja untuk mengikuti upacara sekaligus memberikan penghormatan terakhir ke Arswendo.

Misa Requiem sekaligus pelepasan Arswendo Atmowiloto ke tempat peristirahatan terakhirnya, berlangsung di Gereja St Matius Penginjil, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Sabtu (20/7/2019). Arswendo dimakamkan di Pemakaman San Diego Hills, Karawang.
Misa Requiem sekaligus pelepasan Arswendo Atmowiloto ke tempat peristirahatan terakhirnya, berlangsung di Gereja St Matius Penginjil, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Sabtu (20/7/2019). Arswendo dimakamkan di Pemakaman San Diego Hills, Karawang. (Warta Kota/Nur Ichsan)

Haru dari keluarga dan kerabat menghiasi upacara perpisahan kepada wartawan senior Kompas ini.

Tampak sejumlah kerabat di bidang kesenian dan sastra mulai dari aktor senior Slamet Rahardjo, seniman Butet Kertaredjasa, Djenar Maesa Ayu, dan Putu Fajar Arcana, menghadiri upacara itu.

Sekitar pukul 12.00 WIB, setelah menyelesaikan rangkaian upacara, jenazah kemudia segera dibawa ke San Diego Hills bersama beberapa bus dan mobil yang mengikutinya.

Putri Arswendo Atmowiloto, Caecilia Tiara melihat wajah ayahanda sebelum peti ditutup
Putri Arswendo Atmowiloto, Caecilia Tiara melihat wajah ayahanda sebelum peti ditutup (Warta Kota/Nur Ichsan)

Meninggalkan satu istri dan tiga anak, Arswendo diketahui menderita kanker prostat dan menghembuskan nafas terakhirnya di kediamannya, Komplek Kompas, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Jumat (19/7/2019).

Selain rutin menulis cerita pendek (cerpen) di harian Kompas, Arswendo juga memiliki sejumlah karya besar di antaranya adalah Senopati Pamungkas, Imung, Canting, dan yang sempat diangkat ke layar kaca, Keluarga Cemara. (Zaki Ari Setiawan)

Penulis: Nur Ichsan
Editor: Alex Suban
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved