Berita Video

VIDEO: Pengemudi dan Penumpang Go-Car Kini Dijamin Jasa Raharja

Kerjasama tersebut diungkapkan Direktur Utama PT Jasa Raharja, Budi Rahardjo secara langsung memberikan perlindungan asuransi, baik kepada pengemudi m

VIDEO: Pengemudi dan Penumpang Go-Car Kini Dijamin Jasa Raharja
Wartakotalive.com/Angga Bhagya Nugraha
ilustrasi pengemudi Go Car 

Setelah terbitnya Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 118 Tahun 2018 yang menyatakan angkutan sewa khusus berbasis aplikasi menjadi sarana angkutan umum sah, faktor keamanan dan keselamatan menjadi salah satu aspek utama yang harus dipenuhi pengelola angkutan berbasis online.

Terkait hal tersebut, PT Jasa Raharja kerjasama dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau Gojek Indonesia menjalin kerjasama yang dituangkan dalam Memorandum Of Understanding (MoU) di Hotel Fairmount, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Jumat (19/7/2019).

VIDEO: Pemulung Mengais Sisa Kebakaran di Lapak Pedagang Lapangan Multiguna Bekasi

Kerjasama tersebut diungkapkan Direktur Utama PT Jasa Raharja, Budi Rahardjo secara langsung memberikan perlindungan asuransi, baik kepada pengemudi maupun penumpang Go-Car.

Keputusan tersebut dijelaskannya sesuai dengan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 33 Tahun 1964 tentang Dana Pertanggungjawaban Wajib Kecelakaan Penumpang yang sebelumnya belum didapatkan para konsumen Go-Car sebelumnya.

"Bahwa melalui kerjasama, Jasa Raharja dapat memberikan jaminan perlindungan apabila pengguna angkutan online Go-Car mengalami musibah kecelakaan ketika dalam perjalanan," ungkapnya dalam sambutan.

VIDEO: Pedagang Cabai Prediksi Harga Tetap Tinggi Sampai Lebaran Haji

Dalam era digital saat ini, PT Jasa Raharja pun diungkapkannya telah bekerja sama dengan pihak Kepolisian dan Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Sehingga apabila terjadi kecelakaan, penanganan korban dapat dilakukan dengan cepat.

Begitu pula dengan korban luka berat hingga mengakibatkan cacat bahkan meninggal dunia. Pihaknya secara aktif melakukan pendampingan hingga manfaat jaminan yang diberikan diterima penuh oleh korban maupun ahli waris.

"Secara real time dapat diketahui sesaat kecelakaan terjadi, sehingga setiap pengguna angkutan online yang mengalami kecelakaan mendapatkan kepastian status secara cepat," ungkapnya.

Sementara itu, Co-founder PT Gojek Indonesia, Kevin Aluwi menyebutkan kerjasama yang terjalin merupakan komitmen pihaknya untuk senantiasa memberikan keamanan dan kenyamanan kepada para pengguna. Terlebih, perlindungan yang diberikan Jasa Raharja tidak hanya melindungi pengguna, tetapi pengemudi yang merupakan Mitra Gojek Indonesia.

"Pengalaman panjang serta luasnya sinergi dengan stakeholder terkait menjadi nilai tambah Jasa Raharja dalam memberikan perlindungan terhadap kecelakaan. Kami yakin kolaborasi ini dapat memperkuat Gojek sebagai Super-App penyedia layanan ride-hailing yang aman," ungkapnya.

Lebih lanjut dipaparkannya, kerjasama antara Gojek Indonesia dengan PT Jasa Raharja secara langsung mengimplementasikan tiga pilar yang dimiliki pihaknya, antara lain pencegahan, perlindungan dan penanganan yang sigap.

"Upaya pencegahan telah dilakukan Gojek bersama dengan berbagai institusi terkait, mulai dari program edukasi berkelanjutan bagi mitra driver, asuransi dan pengembangan fitur keamanan pada aplikasi. Kami juga memiliki unit darurat yang bersiaga selama 24 jam untuk memberikan bantuan kepada korban," jelasnya. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved