Berita Video

VIDEO: KKP Ekspor 8,9 ton Hasil Perikanan Serentak di Lima Pelabuhan di Indonesia

Ekspor Raya Hasil Perikanan tersebut dikirim menggunakan 394 kontainer produk perikanan dengan jumlah total 8,9 ton senilai Rp 588 Miliar

VIDEO: KKP Ekspor 8,9 ton Hasil Perikanan Serentak di Lima Pelabuhan di Indonesia
Kompas.com
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (19/7/2019) 

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan pelepasan Ekspor Raya Hasil Perikanan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (19/7). Kegiatan dalam rangka Bulan Bakti Karantina, Mutu dan Hasil Perikanan Tahun 2019.

Pelepasan Ekspor Raya Hasil Perikanan itu dilakukan secara serentak di lima pelabuhan utama yaitu Tanjung Priok, Jakarta; Tanjung Perak, Surabaya; Tanjung Emas, Semarang; Belawan, Medan; dan Soekarno Hatta, Makassar.

Pada kesempatan itu Ekspor Raya Hasil Perikanan tersebut dikirim menggunakan 394 kontainer produk perikanan dengan jumlah total 8,9 ton senilai Rp 588 miliar.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menyebutkan, pelepasan Ekspor Raya Hasil Perikanan diharapkan dapat berdampak positif terhadap para pengusaha agar dapat bersaing di pasar internasional.

“Semoga pelepasan Ekspor Raya Komoditas Perikanan ini dapat mendorong semangat pengusaha-pengusaha lokal untuk meningkatkan produksi dan kualitasnya,” ucap Susi, Jumat (19/7).

Produk perikanan tersebut akan dikirim ke 21 negara, seperti Amerika Serikat, Uni Eropa, Tiongkok, Spanyol, Singapura, Sri Lanka, Hong Kong, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Vietnam, dan lain-lain.

“Hingga saat ini, produk perikanan kita telah diekspor ke lebih dari 157 negara di dunia. Namun, Amerika Serikat masih menjadi negara tujuan utama,” lanjut Susi.

VIDEO: Detik Detik Pengacara Tommy Winata Menyabet Hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat

Susi menambahkan tumbuhnya usaha perikanan di Indonesia ini merupakan dampak positif dari upaya pemberantasan Illegal, Unreported, and Unregulated (IUU) Fishing yang digalakkan pemerintah beberapa tahun belakangan.

“Pemberantasan IUU Fishing inilah yang telah memberikan dampak positif terhadap Stok Ikan Nasional,” ucap Susi.

VIDEO: Sudah Berdamai, Wali Kota Tangerang Janji Mau Silaturahmi dengan Yasonna Laoly

Peningkatan stok ikan juga dibarengi kenaikan jumlah dan nilai produksi perikanan tangkap dimana dari 6,67 juta ton senilai Rp 120,6 triliun pada 2015 menjadi 7,3 juta ton dengan nilai Rp 210,7 triliun pada 2018.

“Atau dengan kata lain, terjadi peningkatan nilai produksi perikanan sebesar 74,7 persen,” ungkapnya. (jhs)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved